Harga Cabai di Solo Naik Hingga 400 Persen

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Harga cabai di Kota Solo, Jawa Tengah naik 400 persen dibanding dengan kondisi normal sebagai dampak menurunnya pasokan saat musim hujan.

Di Pasar Kleco Solo, Senin, harga cabai rawit warna merah dijual mencapai Rp100 ribu per kilogram, cabai keriting merah Rp30 ribu/kg, dan rawit hijau Rp50 ribu/kg.

Menurut Sutinah (48) salah satu pedagang di Pasar Kleco, harga cabai rawit merah beberapa hari sempat turun menjadi Rp90 ribu/kg, tetapi sekarang kembali Rp100 ribu/kg karena pasokan dari daerah sentra produksi seperti Cepogo Boyolali, dan Tawangmangu menurun dratis.

“Stok cabai di pasar menipis, dan harganya sangat tinggi. Jika kondisi normal cabai rawit merata hanya dijual sekitar Rp25 ribu/kg hingga Rp30 ribu/kg,” katanya.

Selain itu, harga cabai rawit hijau yang biasanya dijual Rp15 ribu/kg hingga Rp20 ribu/kg kini bertahan tinggi Rp50 ribu/kg.

Harga sayuran lainnya seperti bawang merah stabil Rp30 ribu/kg, dan bawang putih Rp34 ribu/kg.

Nyonya Sarni (50) salah satu pengunjung di Pasar Kleco mengatakan tingginya harga cabai di pasar banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

“Saya membeli cabai Rp5.000 dapatnya hanya bisa dihitung dengan jari. Padahal, anggota keluarganya semuanya suka pedas,” kata Sarni.

Harga beberapa kebutuhan pokok lainnya di Pasar Kleco Solo yang kini mengalami kenaikan daging ayam yang sebelumnya dijual Rp28 ribu/kg kini naik menjaid Rp30 ribu/kg.

Menurut Yati (41) pedagang lainnya di Pasar Kleco Solo, naiknya harga saging ayam sudah dua hari ini, tetapi para pedagang hanya mengikuti perkembangan dari tingkat peternak.

Yati mampu menghabiskan 100 ekor ayam per hari, sedangkan permintaan pasar tetap stabil.

Harga daging sapi di Pasar Kleco Solo dijual masih stabil yakni Rp100 ribu/kg untuk kualitas biasa, dan Rp105 ribu/kg untuk kualitas super, sedangkan daging kambing bertahan Rp85 ribu/kg.

Harga beberapa kebutuhan pokok lainnya seperti minyak goreng curah dijual stabil Rp12.500/kg untuk kualitas biasa, Rp17.500/kg kualita super, gula pasir Rp12.700/kg, telur ayam Rp17.500/kg, dan beras C4 Rp9.800/kg hingga Rp11 ribu/kg.

Menurut Sidiq pedagang lainnya di Pasar Kleco Solo, persediaan sejumlah barang kebutuhan pokok masih cukup, karena pasokan ke pasar rata-rata berjalan lancar.

Kepala Dinas Pasar, Perdagangan dan Perindustrian Kota Surakarta Subagyo mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan daerah lain sentra produksi yang surplus untuk memasok ke daerahnya untuk menstabilkan harga.

Menurut Subagyo, naiknya harga cabai tersebut karena dampak musim hujan yang menyebabkan para petani gagal panen karena banyak tanamannya yang membusuk rontok.

“Hal ini, karena dampak musim. Saya kira jika pasokan kembali lancar harga bisa normal,” kata Subagyo. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *