574 Ribu Masyarakat Jateng Belum Rekam e-KTP

  • Whatsapp
ILUSTRASI

SEMARANG, Jowonews.com – Sebanyak 574 ribu masyarakat di Provinsi Jawa Tengah belum melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) hingga akhir 2016, kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Jateng Sudaryanto.

“Dari ratusan ribu masyarakat yang belum melakukan perekaman data E-KTP terbanyak ada di Kabupaten Pemalang dengan jumlah 95 ribu orang, disusul Kabupaten Pekalongan 27 ribu orang, dan Kabupaten Rembang 19 ribu,” katanya di Semarang, Selasa.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan bahwa kabupaten/kota di Jateng yang seluruh warganya sudah melakukan perekaman data E-KTP, antara lain Kota Salatiga, Surakarta, Pekalongan, Kabupaten Tegal, Blora, Kudus, Kendal, Jepara, Karanganyar, Wonogiri, Boyolali, Wonosobo, Purworejo, Banyumas, dan Purbalingga.

Kendati demikian, sampai saat ini warga yang sudah rekam data E-KTP belum bisa diberikan E-KTP karena blangko yang disediakan pemerintah pusat masih kosong.

“Bagi masyarakat yang sudah rekam data tapi KTP elektroniknya belum dicetak, diberi surat keterangan bahwa yang bersangkutan sudah melakukan perekaman data, sambil menunggu KTP-nya dicetak,” ujarnya.

Ia mengungkapkan di Jateng total 25.536.860 jiwa yang sudah melakukan perekaman data E-KTP, sedangkan yang E-KTP-nya belum dicetak 1.415.139 lembar.

“Kami mengimbau masyarakat di Jateng segera melakukan perekaman data E-KTP dan kalau ada keluarganya yang (Belum perekaman data KTP elektronik, red.) sakit atau lanjut usia, ‘calling’ saja ke dinas setempat, minta tolong untuk direkam, Insya Allah kami akan datang, gratis,” katanya. Jn16-ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *