Pemkab Pekalongan Canangkan Gerakan Tanam Cabai

  • Whatsapp
ILUSTRASI

KAJEN, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, mencanangkan gerakan tanam cabai dan sayuran sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Bupati Pekalongan, Asif Kholbihi di Pekalongan, Jumat, mengatakan langkah gerakan tanam cabai dan sayuran ini sekaligus sebagai upaya mengantisipasi kenaikan harga cabai di pasaran.

“Tidak hanya komoditas cabai, kami juga akan mendorong untuk mencanangkan gerakan menanam sayur-sayuran lain. Apalagi Kabupaten Pekalongan memiliki potensi hal itu,” katanya.

Menurut dia, gerakan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat menanam agar dapat memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri sehingga saat terjadi kenaikan harga cabai tidak menimbulkan kekhawatiran yang berlebih.

“Untuk menyukseskan gerakan ini, kami membutuhkan dukungan semua pihak terutama petani dan ibu-ibu rumah tangga,” katanya.

Ia mengatakan sejumlah wilayah yang memiliki potensi sentra cabai dan sayuran itu, antara lain Kecamatan Petungkriyono, Paninggaran, Lebakbarang dan Kandangserang.

Selain membuka peluang bisnis warga, kata dia, sejumlah wilayah itu juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata alam dan budaya, hasil pertanian dan perkebunan.

Ia menambahkan kenaikan harga cabai yang mencapai Rp100 ribu per kilogram kini, terjadi diduga akibat pasokan dan permintaan tidak seimbang. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *