Waspadai Banjir, Debit Air Hilir Sungai Bengawan Solo Naik

  • Whatsapp
ILUSTRASI

BOJONEGORO, Jowonews.com – Debit air di hilir Sungai Bengawan Solo seperti di Bojonegoro mengalami kenaikan seiring dengan hujan dari daerah hulu. Meski masih diambang siaga banjir, namun kewasdapaan mulai ditingkatkan.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro menyatakan kenaikan air Bengawan Solo di hilir masih di bawah siaga banjir.

“Kenaikan air Bengawan Solo di Bojonegoro sejak sehari lalu disebabkan ada tambahan air hujan dari daerah hulu, tetapi tidak terlalu besar,” kata Petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Budi Hendro, Sabtu (14/1).

Sesuai data di UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo menyebutkan ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Bojonegoro naik menjadi 10,45 meter, Sabtu pukul 06.00 WIB.

Dalam waktu bersamaan ketinggian air Bengawan Solo di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, sekitar 70 kilometer ke arah hulu dari Kota Bojonegoro, mencapai 24,82 meter. “Pemantauan ketinggian air Bengawan Solo dilakukan tiga jam sekali, karena di bawah siaga banjir,” tambahnya.

Kasi Logistik dan Prasarana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro MZ. Budi Mulyono menyatakan kewaspadaan menghadapi bencana tetap dilakukan tidak hanya ancaman banjir luapan Bengawan Solo.

Tapi, lanjut dia, juga ancaman bencana banjir bandang, angin kencang, juga bencana tanah longsor. “Sesuai prakiraan cuaca selama Januari curah hujan masih tinggi, sehingga rawan menimbulkan berbagai bencana,” jelasnya.

Bagian Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (SDA) IV Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, Hidayat menjelaskan sudah menyediakan berbagai kebutuhan dalam menghadapi banjir luapan Bengawan Solo di hilir, Jawa Timur.

Sesuai data, lanjut dia, berbagai kebutuhan yang disediakan mulai karung 22 ribu lembar, bronjong (kawat yang diisi batu kali) 680 paket, kawat tali 5 rol, juga lainnya. “Berbagai bahan itu bisa dimanfaatkan kalau sewaktu-waktu terjadi banjir luapan Bengawan Solo yang mengancam tanggul,” tandasnya.

Ia menambahkan kondisi mesin pompa air untuk mengantisipasi banjir di wilayah perkotaan di tiga lokasi dengan kapasitas ribuan liter per detik juga dalam keadaan baik. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *