Kota Magelang Targetkan PBB Rp 6,4 M

  • Whatsapp
ILUSTRASI

MAGELANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah menargetkan Rp6,4 miliar perolehan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan pada 2017 setelah capaian tahun lalu sebesar 117 persen dari target Rp4,7 miliar, perolehan ini didukung kesadaran kuat masyarakat membayar pajaknya.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina di Magelang, Jawa Tengah, Selasa, mengatakan target Rp6,4 miliar perolehan PBB-P2 2017 meliputi tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu.

Pemkot Magelang telah menerbitkan 36.106 Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang PBB-P2 dengan pokok ketetapan pada 2017, atau meningkat sekitar 15,9 persen ketimbang tahun sebelumnya Rp5,5 miliar.

Penerimaan PBB-P2 Kota Magelang pada 2016 mencapai Rp5,5 atau 117 persen dari target Rp4,7 miliar.

“Pencapaian ini tentunya sangat memuaskan bagi kita karena Pendapatan Asli Daerah Kota Magelang dari tahun ke tahun terus meningkat,” kata Windarti.

Ia mengatakan hal itu saat menyerahkan secara simbolis SPPT PBB-2 kepada camat se-Kota Magelang dalam rangkaian upacara di halaman depan Kantor Wali Kota Magelang, Senin.

Ia mengharapkan pengelolaan dan pengendalian yang baik terhadap jumlah pokok ketetapan PBB tersebut, supaya perolehan PBB-P2 pada 2017 bisa meningkat seperti tahun sebelumnya.

Selain itu, katanya koordinasi dan kerja sama berbagai pihak terkait dengan pengelolaan dan penarikan pajak harus terus dimantapkan.

Ia menjelaskan PBB-P2 merupakan komponen penting dalam pendapatan asli daerah yang menjadi kekuatan penopang penting dalam pembangunan daerah.

Ia mengharapkan jajaran pemerintah kecamatan dan kelurahan segera mendistribusikan SPPT PBB-P2 tersebut kepada para wajib pajak di daerah masing-masing.

“Harapannya, para wajib pajak segera memenuhi kewajiban membayar pajak, sebelum jatuh tempo pada 30 September 2017,” katanya. (jn03/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *