Rumah Sederhana Dikucuri Subsidi Rp23,2 Triliun

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah menyediakan dana sebesar Rp23,2 triliun untuk pembangunan rumah sederhana secara nasional khusus pada tahun ini.

“Pada awal tahun, tepatnya pada 10 Januari lalu, pemerintah sudah melakukan pertemuan dengan pemangku kepentingan, salah satunya asosiasi pengembang perumahan termasuk REI untuk membicarakan pembangunan rumah sederhana,” kata pengurus DPP Real Estat Indonesia (REI) Sudjadi di Semarang, Selasa (17/1).

Sudjadi, mantan Ketua Badan Pendidikan dan Latihan DPP REI, mengatakan dari hasil pertemuan yang dipimpin oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada awal tahun ini telah diluncurkan dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk rumah sederhana sebesar Rp17,3 triliun.

Selanjutnya, ada dana subsidi selisih bunga sebesar Rp3,7 triliun dan bantuan uang muka tersedia sebesar Rp2,2 triliun. Dengan demikian, total dana yang diperuntukkan bagi rumah sederhana dengan segmentasi masyarakat berpenghasilan rendah sebesar Rp23,2 triliun.

REI berharap dengan keluarnya kebijakan tersebut masyarakat lebih tahu dan para pengembang REI yang bergerak di bidang FLPP segera mengakses KPR.

“KPR sudah dapat mulai diakses pada minggu lalu tepatnya hari Jumat (13/1),” katanya.

Dia mengharapkan, dengan dipercepatnya penyaluran dana KPR untuk rumah sederhana tersebut dapat menekan angka “backlog” rumah sederhana yang hingga saat ini jumlahnya masih mencapai 11.400.000 unit untuk nasional.

“Kalau dari sisi kebutuhan per tahun 800.000-900.000 unit rumah. Inilah mengapa terjadi ‘backlog’ yang terus bertambah karena kekurangan sebelumnya belum bisa tercukupi,” terangnya.

Diharapkan, dengan adanya KPR untuk rumah sederhana ini kalangan buruh yang sebelumnya kesulitan mengakses KPR dapat segera memiliki rumah.

“Dengan dipenuhinya kebutuhan buruh terhadap perumahan, harapannya angka ‘backlog’ dapat terus diminimalkan,” tambahnya. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *