Dalang Joko Edan Dihukum 1,5 Tahun

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Dalang Djoko Hadi Widjojo atau yang lebih dikenal dengan Ki Joko Edan dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

Hukuman yang dijatuhkan Hakim Ketua Pujo Unggul dalam sidang di PN Semarang, Kamis, lebih ringan dari tuntutan jaksa selama dua tahun penjara.

Bacaan Lainnya

Terdakwa juga diwajibkan mengikuti rehabilitasi medis selama empat bulan dan rehabilitasi sosial juga selama empat bulan.

“Lamanya masa hukuman dikurangkan dengan lamanya masa rehabilitasi terdakwa,” tuturnya.

Dalam pertimbangannya, hakim menilai perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika.

Adapun pertimbangan yang meringankan, lanjut dia, terdakwa masih memiliki tanggungan keluarga dan menyesali perbuatannya.

“Terdakwa sebagai seorang seniman telah berjasa pada dunia kesenian,” ujarnya.

Atas putusan tersebut Djoko Edan langsung menyatakan menerima.

Joko ditangkap di rumahnya di Jalan Karanganyar Nomor 7, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada September 2016.

Bersama Joko diamankan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 0,4 gram. Barang haram tersebut merupakan sisa dari yang sudah dipakai terdakwa sebelumnya.

Joko sendiri sempat menggunakan sabu saat tampil di Taman Mini Indonesia Indah sebelum akhirnya ditangkap.

Atas tuntutan tersebut, terdakwa langsung menyampaikan pembelaan secara lisan. Terdakwa menyatakan menyesal dan meminta hukuman yang seringan-ringannya.

Sidang selanjutnya akan digelar pekan depan dengan agenda pembacaan putusan. Jn16-ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *