Bupati Yoyok Ingatkan Tim Saber Pungli Tak Manfaatkan Kewenangan

  • Whatsapp

BATANG, Jowonews.com – Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengingatkan pada Tim Sapu Bersih Pungutan Liar untuk tidak menyalahgunakan kewenangannya dan berbuat jujur dalam menjalankan tugasnya.

“Kami ingatkan pada petugas Saber Pungli jangan sampai memanfaatkan (kewenangan, red.) apalagi untuk kepentingan ataupun keperluan individu. Saya menitipkan kepada Tim Saber Pungli jangan sampai kewenangan yang saudara pegang dijadikan alat untuk menunggu dan mengincar atau mencari-cari,” katanya di Batang, Jawa Tengah, Selasa (24/1).

Pada acara “Pengukuhan Anggota Saber Pungli”, Yoyok mengatakan pengukuhan Tim Saber Pungli merupakan pengejawantahan program dari pemerintah yang kemudian dilanjutkan komitmen pemkab terhadap penegakan aturan pada pungli di daerah setempat.

“Kami berharap pada Waka Polres Batang, selaku Ketua Tim Saber Pungli beserta anggotanya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dan memberikan angin yang lebih baik bagi masyrakat,” katanya.

Menurutnya, pemberantasan pungutan liar tidak bisa dilaksanakan hanya oleh satu lembaga atau institusi tertentu melainkan harus ada komitemen bersama untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyrakat.

“Oleh karena, kami berharap semua elemen lembaga pemerintahan pusat maupun daerah dapat menyosialisasikan tentang Saber Pungli sampai ke tingkat bawah agar masyarakat mengetahui apa tugas dari tim ini,” imbuhnya.

Berdasarkan temuan dari tingkat pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten ada beberapa hal yang harus diwaspadai dan direspons untuk pengawasan apakah itu pada jajaran kelurahan, kecamatan, sampai dengan kabupaten.

“Oleh karena, kami berpesan pada 35 anggota Tim Saber Pungli menggunakan kewenangan sesuai aturan dan tidak menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi,” katanya.

Ketua Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Batang Kompol Widodo Ponco Susanto mengatakan selain pengukuhan Tim Saber Pungli, anggota juga melakukan penandatanganan pakta integritas untuk melaksanakan amanah itu dengan baik.

“Kita akan mengedepankan fungsi pencegahan dan memberikan pengertian pada masyarakat terhadap tugas Saber Pungli ini,” tandasnya. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *