Sulami Wanita Kayu Akhirnya Dirujuk ke RSUD Dr Moewardi Solo

  • Whatsapp

SOLO, Jowonews.com – Sulami, warga Desa Mojokerto, Kedawung, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, yang menderita penyakit langka “ankylosing spondylitis” atau penyebab kaku pada tulang persendiannya akhirnya dirujuk ke RSUD Dr. Moewardi Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/1).

Pasien Sulami datang dinaikkan mobil ambulans dan didampingi keluarganya, lurah, serta sukarelawan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kedawung, langsung menuju Poliklinik RSUD tersebut untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

Menurut Kepala Bagian Humas RSUD Dr. Moewardi Surakarta Elysa, Sulami masuk RSUD tersebut dengan membawa surat rujukan dari RSU Sragen.

“Kami menerima pasien Sulami di Poliklinik Penyalit Dalam, dan sudah diperiksa oleh dokter Arif Nurudin, spesialis penyakit dalam dan dr. Bintang Sucahyo, spesialis Ortopedi,” katanya.

Menurut Elysa untuk sementara hasil diagnosis dokter yang memeriksa menyebutkan bahwa pasien ada kelainan di seluruh sendinya atau intinya sendinya mengalami kaku sehingga tidak bisa bergerak.

Dokter yang menangani penyakit Sulami, kata Elysa, sedang mencari penyebab munculnya penyakit tersebut karena hal itu baru pertama ditangani di rumah sakit ini.“Kami sedang melakukan pemeriksaan laboratorium dan foto rontgen terhadap pasien Sulami,” kata Elysa.

Setelah menerima Sulami, pihak rumah sakit membentuk tim yang terdiri atas beberapa dokter spesialis untuk menangani pasien tersebut. “Kami langsung membentuk tim yang diketuai dokter Arif Nurudin dengan melibatkan beberapa dokter lainnya untuk menangani Sulami,” kata Elysa.

Selain itu, tim dokter juga akan melibatkan bagian-bagian penunjang lainnya, baik laboratorium maupun radiologi, untuk mengetahui apa penyebab penyakit itu. Sulami rawat inap dan masuk di Bangsal Mawar 1 Nomor 3 RSUD Dr. Moewardi Solo.

Pasien Sulami dirujuk ke Solo dengan menggunakan pelayanan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Keluarga pasien ada tiga orang. Mereka akan bergantian menjaga Sulami.

Menurut Kepala Desa Mojokerto Sunarto, Sulami sebelumnya peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dia memilih mandiri. Namun, berkat kerja sama Dinas Kesehatan dan Pemkab Sragen, Sulami kini sudah memegang Kartu Sehat Indonesia (KIS).

“Kami untuk penyebuhan Sulami swadaya warga sekitar dan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Sragen, dan sukarelawan sehingga Sulami dapat dirujuk ke RSUD Dr. Moewardi Solo untuk rawat inap,” kata Sunarto.

Menurut Sunarto, Sulami sudah menggunakan fasilitas KIS sehingga selama pengobatan yang ditangani tim dokter dari RSUD Moewardi ditanggung oleh Pemerintah. Sunarto berharap Sulami dapat sembuh sehingga dapat menjadi pelajaran bagi masyarakatnya di desanya. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *