Ratusan Mahasiswa Digembleng Bela Negara

  • Whatsapp
ILUSTRASI

MAGELANG, Jowonews.com – Sebanyak 250 mahasiswa dari 28 perguruan tinggi negeri penerima beasiswa yang dikelola oleh Yayasan Karya Salemba Empat mengikuti latihan kepemimpinan dan bela negara di Akademi MIliter (Akmil) Magelang.

Pelatihan yang berlangsung pada 27 Januari hingga 4 Februari 2017 ini dibuka oleh Gubernur Akmil Mayor Jenderal TNI Arif Rahman di Lapangan Taruna Bakti Akmil Magelang, Jumat (27/1).

Beasiswa yang dikelola oleh Yayasan Karya Salemba Empat, terdiri atas penerima beasiswa PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebanyak 100 orang, PT XL Axiata Tbk 100 orang, dan mahasiswa penerima beasiswa dari Give2Asia 50 orang.

Gubernur Akmil mengatakan dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 diamanatkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

Ia mengatakkan bela negara bukan hanya menjalankan kewajiban sebagai warga negara Indonesia, melainkan juga sebagai bentuk kehormatan warga negara Indonesia guna mewujudkan pengabdian dan sikap rela berkorban terhadap bangsa dan negara.

Bela negara merupakan salah satu kunci untuk melawan derasnya tantangan era globalisasi yang telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan dengan segala dampak positif maupun negatif yang dibawanya.

Salah satu dampak globalisasi saat ini adalah terjadinya degradasi moral dan rendahnya nilai-nilai kebangsaan, jiwa nasionalisme serta kedisiplinan di kalangan generasi muda sehingga hal tersebut harus menjadi perhatian khusus bagi setiap elemen bangsa.

Oleh karena itu, katanya kesadaran bela negara harus ditanamkan kepada para generasi muda sebagai wujud pengabdian kepada negara Indonesia, karena bela negara dilaksanakan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperluas wawasan kebangsaan pada setiap warga negara. (jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *