Tanpa KTP Tetap Bisa Nyoblos di Pilkada

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo menyebutkan jumlah warga yang belum rekam data KTP-el sebanyak 2.000 orang.

Semuanya terdeteksi berada di luar Pulau Jawa, antara lain di Kalimantan, Sumatera, dan beberapa negara tetangga.“Sehingga kecil kemungkinan 2.000 orang tersebut pulang ke Jateng untuk melakukan pencoblosan,” katanya baru-baru ini.

Terkait potensi pemilih tapi belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik atau KTP-el dan belum melakukan perekaman data sehingga NIK warga yang bersangkutan belum tedaftar di DPT, maka calon pemilih yang bersangkutan tetap bisa menyalurkan hak pilihnya.

Mereka dapat menggunakan hak pilih di TPS terdekat dari tempat tinggal dengan membawa surat keterangan pengganti KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

KPU berharap pemilih yang membawa surat keterangan tidak terkonsentrasi dalam satu TPS, karena jumlah penambahan surat suara setiap TPS hanya 2,5 persen.

Rencananya Pilkada akan diikuti serentak 7 kabupaten yaitu Kabupaten Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati dan Salatiga yang akan berlangsung 15 Februari 2017. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *