Pertamina Akan Tambah Pangkalan Elpiji

  • Whatsapp
ilustrasi

SEMARANG, Jowonews – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan DIY akan menambah jumlah pangkalan untuk memudahkan masyarakat memperoleh elpiji.

“Berdasarkan data kami, hingga saat ini jumlah pangkalan di Jawa Tengah dan DIY mencapai 38.057 pangkalan. Untuk Jawa Tengah saja jumlah pangkalan mencapai 33.994 pangkalan,” kata General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan DIY Kusnendar di Semarang, Rabu (1/2).

Dia mengatakan, total jumlah pangkalan di Jawa Tengah ini tersebar di seluruh kelurahan di Jawa Tengah yang jumlahnya sebanyak 8.556 kelurahan.

Dari sisi rasio, menurut dia saat ini jumlah pangkalan sudah mencapai 94 persen dari total target yang diharapkan oleh Pertamina. Pada tahun ini, Kusnendar berharap jumlah pangkalan dapat ditambah menjadi 100 persen.

Meski demikian, dia mengakui tidak bisa berjalan sendiri melainkan perlu sinergi dari beberapa pihak terkait di antaranya pemerintah daerah setempat dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas).

Dengan adanya dukungan dari pihak terkait tersebut, dia berharap distribusi elpiji dengan penjualan sesuai harga eceran tertinggi (HET) dapat dilakukan. Untuk diketahui, HET yang berlaku di Jawa Tengah saat ini Rp 15.500/tabung.

Sementara itu, dari sisi jumlah agen, menurut dia sudah mencukupi. Hingga saat ini jumlah agen di Jawa Tengah dan DIY sudah mencapai 416 agen dengan 370 di antaranya berada di Jawa Tengah.

“Dari seluruh wilayah yang dibawahi oleh MOR IV, hanya Karimunjawa yang belum ada agen karena kami menilai belum perlu,” katanya.

Oleh karena itu, distribusi dilakukan oleh Pertamina langsung ke pangkalan. Dari pangkalan, konsumen dapat langsung mengakses elpiji yang dibutuhkan.

Saat ini, khusus di Karimunjawa jumlah pangkalan resmi sebanyak 17 pangkalan. Sedangkan pengiriman ke Karimunjawa dilakukan seminggu sekali dengan kapasitas 1.500 tabung elpiji 3 kg dan 20 tabung elpiji 12 kg untuk sekali kirim.

“Karimunjawa ini merupakan daerah terluar wilayah kami. Dengan pengiriman yang sudah kami lakukan ke Karimunjawa ini artinya pemerataan distribusi elpiji sudah kami lakukan,” katanya.(jn22/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *