Revitalisasi Jalur KA Jakarta-Surabaya Dimungkinkan untuk Kereta Cepat

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Proyek revitalisasi jalur kereta api Jakarta-Surabaya yang awalnya hanya kecepatan medium dimungkinkan akan ditingkatkan menjadi kereta cepat apabila jalur yang dibangun secara layang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai pelantikan Kepala Basarnas di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (1/2) mengatakan, opsi tersebut ditawarkan karena saat ini untuk pengerjaan proyek jalur KA dengan kecepatan menengah tersebut masih terkendala banyaknya perlintasan sebidang. Jumlah perlintasan sebidang antara Jakarta-Surabaya mencapai 1.000 buah.

Dia mengatakan, kereta kecepatan menengah harus membuat jalur ganda, menghilangkan perlintasan sebidang, dan aliran aliran listrik.

Karena itu, dia mengatakan pemerintah memberikan kesempatan kepada Jepang sebagai investor untuk mengkaji kemungkinan perubahan tersebut.

“Jadi gini, idenya Bapak Presiden itu, makanya diberikan kesempatan kepada Jepang untuk memberikan proposal. Pak Presiden ingin tahu kalau ‘medium speed’ atau ‘high speed’ itu bagaimana,” katanya.

Budi menjelaskan, hal itu perlu dikaji lebih rinci karena merupakan proyek infrastruktur transportasi jangka panjang.

Terkait membengkaknya investasi karena diperkirakan akan memakan biaya dua kali lipat apabila dibangun secara layang, diupayakan akan menggandeng pihak swasta.

“Dari pembahasan dengan Menko Maritim memang ada hal yang mesti dari APBN, karena beberapa aset-aset yang milik negara. Tapi ada juga yang di atasnya swasta, jadi kombinasi,” katanya.
Dia menyebutkan perkiraan investasi untuk kereta kecepatan menengah Jakarta-Surabaya yaitu Rp 80 triliun. Namun, pihaknya masih menunggu proposal dari pihak Jepang terkait usulan tersebut dan masih dikaji oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA).

Dia menambahkan, apabila dimungkinkan menjadi jalur kereta cepat, maka kecepatannya akan meningkat tidak hanya 160 kilometer perjam, tetapi menjadi 350 kilometer per jam.(jn22/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *