Pembuatan KA Bandara Soekarno-Hatta Capai 70 Persen

  • Whatsapp
ILUSTRASI; KA Bandara

MADIUN, Jowonews.com – PT INKA (Persero) menyatakan pengerjaan proyek kereta api penumpang untuk Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) hingga kini sudah mencapai 70 persen.

“Sejauh ini pengerjaannya sudah mencapai 70 persen lebih dan akan siap pada saat diluncurkan nanti,” ujar Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero) Mohammad Nur Sodiq seusai menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di pabrik PT INKA (Persero) di Madiun, Jumat (3/2).

Menurut dia, kereta Bandara Soetta tersebut merupakan pesanan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Kereta tersebut nantinya akan berjumlah sebanyak 10 rangkaian atau “train set”.

Sesuai jadwal, kereta tersebut akan diserahkan pada pertengahan Maret tahun 2017. Pihaknya optimistis jadwal pengerjaan kereta tersebut akan tepat waktu sehingga dapat mendukung moda trasportasi dari sejumlah stasiun di Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungannya ke PT INKA (Persero) Kota Madiun menyempatkan diri meninjau “workshop” baru pengerjaan proyek kereta bandara tersebut.

Ia mengaku bangga dengan kinerja yang telah diraih oleh INKA. Pihaknya juga meminta PT INKA lebih bekerja keras, selalu menang tender, dan menghasilkan produk yang bagus.

“Saya yakin, kalau langkah-langkah yang dilakukan tersebut berhasil, maka PT INKA (Persero) bisa menjadi “leader”, karena saingannya di Asia hanya China,” ungkap Menhub Budi Karya.

Menhub menilai kereta api adalah hal keniscayaan. Perkeretaapian adalah suatu pasar bagi angkutan massal baik di Indonesia maupun dunia. Sehingga pasarnya masih besar sekali.

Dalam kunjungannya tersebut Menhub juga meninjau kereta “Light Rail Transit” (LRT) yang dibuat untuk atlet pada saat pelaksanaan Asian Games di Palembang. Sesuai rencana kereta itu akan diserahkan pada tahun 2018.

Menhub juga meninjau ruang kerja Divisi Teknologi Produksi dan mendapaatkan pemaparan tentang profil PT INKA (Persero) dari Direktur Utama PT INKA (Persero) Agus Purnomo.

Selain di PT INKA (Persero) dalam kunjungannya ke Kota Madiun, Menhub Budi Karya juga meninjau ke Kampus Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) untuk memberi pengarahan kepada taruna dan taruni setempat. Sedangkan di Ponorogo, Menhub meresmikan operasional Terminal Bus Tipe A Seloaji dan melakukan telewicara antara Menteri Perhubungan dengan beberapa Koordinator Terminal Tipe A dan UPPKB di seluruh Indonesia.(jn22/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *