Bantuan Pemerintah Nontunai Disalurkan Februari

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menegaskan penyaluran Bantuan Pemerintah Nontunai (BPNT) akan dilaksanakan pada akhir Februari 2017.

“Terkait dengan pelaksanaan penyaluran BPNT yang akan dilaksanakan pada akhir Februari ini, setiap kementerian dan lembaga agar mengantisipasi pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,”kata Puan usai rapat koordinasi terkait penyaluran bantuan nontunai dengan kementerian dan lembaga teerkait di kantor Kemenko PMK Jakarta, Senin (6/2).

Dia menjelaskan saat ini rancangan peraturan presiden tentang penyaluran bantuan pemerintah secara nontunai sudah disiapkan untuk mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo.

“Penyaluran BPNT akan segera efektif saat Perpres telah ditetapkan oleh Presiden,” ujar Puan.

Pada tahap persiapan, kata dia, pmerintah berfokus pada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang pada tahap awal ada di 45 kota dan enam kabupaten dengan jumlah 1,4 Juta KPM.

Selain itu, dengan asumsi rasio 1 e-Warong layani 150 KPM, maka dibutuhkan sekitar 10.753 unit e-Warong.

Rapat soal penyaluran bantuan nontunai tersebut diikuti oleh Menteri Sosial Khofifan Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani,Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman Darmansyah Hadad, Sekretaris TNP2K Bambang Widianto serta perwakilan Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyampaikanagar seluruh bantuan sosial atau bantuan pemerintah harus dalam bentuk nontunai dan terintegrasi dalam satu kartu.

Penggunaan sistem tersebut agar pemerintah mudah untuk mengontrol, mengecek, dan mengurangi terjadinya penyimpangan-penyimpangan dalam penyaluran dana bantuan.(jn22/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *