Pilkada 2017 Diharapkan Lebih Baik dan Melahirkan Pemimpin Berkualitas

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada Rabu (15/2/2017) mendatang diharapkan menjadi momentum lahirnya pemimpin yang mencerminkan aspirasi masyarakat, yakni yang berkualitas, bersih, tegas, mengayomi dan anti korupsi.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman (MSI) saat berkunjung ke Semarang pada Jumat (10/2/2017).

Pria yang akrab disapa MSI ini berharap dalam momentum Pilkada yang dilaksanakan di 101 daerah dan Provinsi bisa berjalan dengan lebih baik daripada di 2015.

“Karena ini adalah pilkada serentak kedua. Pada Pilkada 2015 kemarin bisa dinilai sebagai tonggak di dalam demokrasi kita, saya berharap yang kedua ini bisa berlangsung lebih baik daripada yang pertama,”katanya.

Menurut pria yang juga mantan Rektor Universitas Paramadina itu, Pilkada seharusnya menjadi salah satu momentum pemilihan kepemimpinan yang bisa mencerminkan realitas seungguhnya di masyarakat, yakni yang bersih, mengayomi dan juga anti korupsi.

“Dalam hal tersebut, seharusnya Pilkada menjadi momentum pilihan bagi masyarakat yang mencerminkan realitas yang sesungguhya di masyarakat, sehingga kita berharap dari momen Pilkada tersebut menghasilkan pemimpin yang berkualitas, “jelasnya.

Diakui MSI, berjalannya agenda politik Pilkada serentak ini tak lepas dari kekurangan, namun dirinya berharap hal itu terus diperbaiki semua elemen politik sehingga melahirkan Pilkada yang berkualitas.

“Memang diawal-awal banyak yang skeptis dari Pilkada ini karena banyak sekali money politicsnya. Namun kita juga harus mengakui bahwa belakangan Pilkada ini melahirkan pemimpin daerah yang baik, mudah-mudahan hal itu disertai dengan menurunya money politics dan penyimpangan demokrasi lainnya,”pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pelaksanaan Pilkada serentak gelombang kedua pada 15 Februari 2017. Pilkada diikuti 101 daerah dari tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Daerah yang akan menyelenggarakan pilkada tersebut terdiri atas 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Ketujuh provinsi tersebut yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Di Jateng, Pilkada serentak akan digelar di 7 daerah, yakni Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati, Cilacap, Brebes dan Kota Salatiga. (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *