Bom Bunuh Diri di Afghanistan Tewaskan Tujuh Orang

  • Whatsapp
ILUSTRASI

LASHKAR GAH, Jowonews.com – Bom bunuh diri menewaskan tujuh orang dan melukai 20 orang lain di luar kantor bank di Ibu Kota Provinsi Helmand, Afghanistan, Sabtu (11/2), kata pernyataan kantor gubernur setempat.

Pelaku pengeboman itu meledakkan mobil pengangkut bahan peledak di sebelah kendaraan militer Afghanistan pada saat tentara tiba di salah satu bank di Lashkar Gah untuk mengambil gaji, kata juru bicara Gubernur Helmand, Omar Zwak.

Di antara korban tewas terdapat empat warga dan tiga tentara.

Sebanyak 16 warga dan empat tentara mengalami luka, kata dia.

Belum ada yang menyatakan bertanggung jawab atas pengeboman tersebut, namun Taliban merebut wilayah relatif luas di Hemland dan sering menebar ancaman di Lashkar Gah.

Ratusan tentara internasional ditempatkan di Helmand. Mereka bagian dari upaya yang dipimpin NATO untuk melatih dan mendukung pasukan keamanan Afghanistan yang sedang berjuang mengatasi meningkatnya pemberontakan.

Sedikit-dikitnya satu tentara khusus Amerika Serikat terluka dalam pertempuran pada pekan ini.

Di wilayah utara Lashkar Gah, seorang pejabat daerah mengatakan bahwa serangan udara pasukan militer AS menewaskan sejumlah warga sipil dalam pengeboman baru-baru ini di Distrik Sangin.

Tuduhan pejabat daerah tersebut belum bisa dipastikan secara mandiri.

Juru bicara militer AS, Kapten Bill Salvin, menyatakan bahwa sejumlah jet tempur AS melakukan serangan di Sangin beberapa pekan lalu.

Pada saat pasukan AS tidak memiliki bukti atas serangan yang menewaskan warga sipil itu, Salvin mengatakan bahwa komandonya akan menyelidikinya.

“Kami mengambil setiap tindakan untuk mencegah dan mengurangi korban dari warga dan kami menangani setiap keluhan dengan sungguh-sungguh,” katanya.(jn22/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *