Anies-Sandi Diyakini Bisa Menangi Pilkada DKI Jakarta

  • Whatsapp
SEMARANG, Jowonews.com – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Shalahudin Uno (Anies-Sandi) diyakini bisa memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Rabu (15/2/2017) mendatang.
Keyakinan tersebut disampaikan oleh mantan kolega Anies Baswedan semasa di Universitas Paramadina, Mohamad Sohibul Iman (MSI).
MSI yang juga Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini pasangan yang diusung koalisi PKS-Partai Gerindra itu bisa memenangkan Pilkada.
“Tren survei belakangan ini menunjukkan bahwa paslon nomor urut 3 terus naik, bahkan di beberapa lembanga survei Anies-Sandi unggul dibanding pasangan lainnya,”katanya baru-baru ini di Semarang.
Menurut MSI, pihaknya juga akan mengoptimalkan segenap kemampuan dan daya di sisa hari untuk mengamankan kemenangan Anies-Sandi.
“Kami sangat yakin bahwa calon kami ini yang tipikalnya alon-alon kelakon, kelihatan geraknya semakin menarik. Misalnya dari Poltracking sudah memposisikan Anies-Sandi di posisi nomor satu, karena itu kami optimis beberapa hari kedepan kita akan optimalkan segala daya untuk memenangkan paslon kami,”jelasnya.
Hasil survei Polmark Indonesia menempatkan Anies-Sandi di posisi teratas dengan perolehan dukungan 25,3 persen suara responden. Posisi kedua ditempati pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus– Sylvi) dengan perolehan 23,9 persen suara. Sementara pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot) berada di posisi perolehan 20,4 persen suara.
Hasil tak jauh berbeda diperoleh dari survei Poltracking Indonesia awal februari 2017. Hasil survei Poltracking menyebutkan Anies Sandi  di posisi pertama dengan tingkat elektabilitas 31,5 persen, kemudian Ahok-Djarot di posisi kedua dengan elektabilitas 30,13 persen. Sementara pasangan Agus-Sylvi berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 25,75 persen.
Terbaru, dalam hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dipublikasikan hari ini, Jumat (10/2/2017) menempatkan Anies-Sandi menjadi pasangan yang memiliki peningkatan elektabilitas secara signifikan.
Dalam survei Indikator, elektabilitas Ahok-Djarot sebesar 39,04 persen. Sedangkan elektabilitas Anies-Sandi 35,36 persen dan Agus-Sylvi 19,45 persen. Dalam survei Indikator, dukungan terhadap Anies-Sandi mengalami peningkatan signifikan dari sekitar 23,8 persen menjadi 35,34 persen, Ahok-Djarot sedikit mengalami kenaikan, sementara pasangan Agus-Sylvi terus mengalami penurunan.
Sebagaimana diketahui, Pilkada DKI Jakarta 2017 diikuti tiga pasang calon. Tiga pasangan calon tersebut adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni di nomor urut 1 dan didukung Partai Demokrat, PAN, PKB dan PPP, kemudian pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaeful Hidayat di nomor urut 2 (PDIP, Golkar, Hanura dan Nasdem) serta Anies Rasyis Baswedan-Sandiaga Shalahudin Uno di nomor urut 3 (Gerindra-PKS). (jn03)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *