Semarang Segera Bangun Lapangan Futsal Standar Internasional

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Semarang berencana membangun lapangan futsal berkelas internasional di kompleks Gelanggang Olahraga Jatidiri Penggaron dengan anggaran sekitar Rp4 miliar.

“Saat ini, DED (detail engineering design) lapangan futsal tersebut sudah diselesaikan dan segera dilakukan lelang,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang Gurun Risyadmoko, Senin (13/2).

Setelah dilakukan lelang, lanjutnya, pengerjaan proyek secara fisik akan langsung dilakukan dan targetnya pembangunan lapangan futsal berkelas internasional itu bisa dirampungkan pada akhir tahun ini.

Menurutnya, lapangan futsal itu memang didesain untuk even olahraga berkelas nasional maupun internasional, tetapi nantinya tetap diperbolehkan dipergunakan oleh masyarakat umum atau komunitas yang menggemari futsal.

“Lapangannya nanti bisa diatur. Kalau untuk even nasional maupun internasional bisa dipakai satu lapangan, tetapi kalau untuk even lokal bisa dijadikan dua lapangan. Fasilitasnya juga kami lengkapi,” katanya.

Ia mengakui selama ini banyak sekali wahana yang menyediakan lapangan futsal di Semarang, tetapi kebanyakan lapangan yang sudah ada hanya standar untuk latihan sehingga diperlukan satu lapangan khusus untuk even besar.

Tentunya, kata Gurun, pembangunan lapangan futsal itu untuk semakin meningkatkan prestasi olahraga, khususnya futsal di Semarang, sekaligus menyiapkan jika ada even futsal berkelas nasional maupun internasional di Kota Atlas.

“Berbagai fasilitas yang akan disiapkan, antara lain tribun `indoor` dengan kapasitas 500 penonton, `food court`, fasilitas MCK, dan sebagainya,” katanya.

Selain itu, ia juga mendorong masing-masing kecamatan untuk membangun fasilitas atau sarana olahraga yang memadai di wilayahnya dengan mengusulkan melalui musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang).

“Bisa juga langsung mengajukan ke Wali Kota. Pak Wali (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, red.) sudah menyampaikan sangat mendukung adanya sarana olahraga di tiap-tiap kecamatan,” tandasnya. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *