Tergenang Banjir, Tujuh TPS Terpaksa Dipindah

  • Whatsapp

PATI, Jowonews.com – Gara-gara banjir, sebanyak tujuh tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pati terpaksa dipindahkan ke lokasi baru.

Ketujuh TPS tersebut, yakni di Desa Babalan, Banjarsari, Tanjang, Kosean dan Karangrowo masing-masing satu TPS, sedangkan di Desa Mintobasuki terdapat dua TPS.

Anggota KPU Pati Ahmad Jukari mengatakan, daerah tersebut memang daerah yang saat ini sedang dilanda banjir.

Lokasi TPS yang baru, katanya, dipilih lokasi yang tidak jauh dari TPS sebelumnya namun tidak tergenang banjir.

Hal itu, lanjut Jukari, dengan mempertimbangkan kemudahan akses warga untuk mendatangi TPS.

Meskipun nantinya ada warga yang harus membawa perahu menuju TPS, dia memperkirakan hal demikian tidak begitu bermasalah bagi warga setempat karena selama ini aktivitas mereka sehari-hari ketika banjir memang menggunakan perahu.

Ia berharap bencana alam yang sedang melanda beberapa desa di Kabupaten Pati tidak menurunkan niat mereka untuk menggunakan hak pilihnya.

Terkait dengan logistik pemilu, katanya, distribusinya diupayakan selesai hari Senin ini.

Di beberapa desa ada yang dilanda banjir, pedistribusian kebutuhan logistik pilkada terpaksa menggunakan perahu milik warga setempat.

Terkait pemberitahuan kepada pemilih, kata dia, sudah disesuaikan dengan penentuan lokasi TPS yang baru.

Untuk warga Pati yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit atau Puskesmas, KPU Pati juga mempersiapkan TPS yang siap memberikan pelayanan untuk pencoblosan.

Dari sembilan rumah sakit yang ada di Kabupaten Pati, sejumlah TPS terdekat dipersiapkan untuk melayani pasien yang memiliki hak pilih.

Selain rumah sakit, pasien rawat inap di Puskesmas serta tahanan di Lembaga Pemasyarakatan juga mendapatkan pelayanan serupa bahwa mereka bisa menggunakan hak pilihnya melalui TPS terdekat yang ditunjuk KPU Pati.

“Sebelumnya, kami sudah berkoordinasi dengan rumah sakit atau Puskesmas terkait jumlah pasien yang nantinya akan menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Pada hari pemungutan suara, katanya, mereka akan didatangi petugas dari TPS yang ditunjuk untuk menggunakan hak pilihnya tanpa harus mendatangi TPS terdekat. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *