Cuaca Buruk, Harga Ikan di Pekalongan Naik

  • Whatsapp
sumber : Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Jateng

PEKALONGAN, Jowonews.com – Harga ikan di sejumlah pasar tradisional Kota Pekalongan, Jawa Tengah, terus naik karena cuaca buruk di laut yang mengakibatkan para nelayan tidak melaut.

Pedagang ikan di Pasar Grogolan Kota Pekalongan, Anawati, Selasa, mengatakan bahwa saat ini harga ikan naik rata-rata sekitar 50 persen dibanding sebelumnya.

“Hampir semua jenis ikan laut naik sekitar 50 persen akibat kondisi buruk di laut. Saat ini ikan laut sulit diperoleh karena stok terbatas,” katanya.

Harga ikan jenis pihi semula Rp 30.000 per kilogram naik menjadi Rp 45.000 per kilogram, bahkan cumi-cumi dan kakap yang semula hanya Rp 30.000 per kilogram naik menjadi Rp 60.000 per kilogram.

Para pedagang ikan berharap kondisi di perairan Laut Jawa kembali membaik sehingga para nelayan bisa melaut lagi.

“Akibat pasokan ikan yang dilelang di tempat pelelangan ikan (TPI) langka, harga ikan terus melonjak. Kondisi ini juga mempengaruhi pendapatan yang diterima para pedagang,” katanya.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Sugiyo mengatakan kenaikan harga ikan karena banyak kapal nelayan Pekalongan yang belum kembali berlayar sehingga produksi ikan sedikit.

Selain itu, kata dia, bagi kapal nelayan kecil juga memilih bersandar karena kondisi ombak gelombang laut juga masih tinggi.

“Dengan kondisi cuaca buruk di laut, para kapal nelayan kecil memilih bersembunyi di pulau-pulau kecil sambil menunggu badai mereda. Tentunya, produksi ikan yang dilelang juga langka,” katanya.(jn22/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *