Dilapori Money Politic, Tim Khusus Bawaslu Jateng Dikerahkan ke Pati

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Pilkada Pati mendapat pantauan khusus dari Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Tengah. Bahkan Bawaslu Jateng menerjunkan tim khusus guna mengantisipasi terjadinya praktik politik uang pada Pilkada Kabupaten Pati.

“Hari ini kami turunkan tim secara khusus yang saya pimpin ke Kabupaten Pati, sehingga kalau ada laporan adanya `money politic` maka tidak menutup kemungkinan dilakukan operasi tangkap tangan,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Tengah Teguh Purnomo di Semarang.

Ia mengungkapkan bahwa Bawaslu Jateng memang sengaja memberikan perhatian khusus pada pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Pati karena pihaknya menerima sejumlah laporan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) terkait adanya dugaan praktik politik uang.

Bawaslu Jateng, lanjutnya, telah menerima sepuluh laporan dari masyarakat terkait adanya praktik politik uang di Kabupaten Pati dari pasangan calon kepala daerah selama masa tenang pilkada 2017, sedangkan di Kabupaten Banjarnegara baru terdapat satu laporan.

“Oleh karena itu, kami proaktif melakukan klarifikasi, kalau unsur pelanggaran terpenuhi, maka akan diserahkan ke pihak aparat penegak hukum melalui sentra Gakkumdu,” ujarnya.

Menurutnya, potensi politik uang terjadi di semua kabupaten/kota di Jateng yang menyelenggarakan pilkada.

“Berdasarkan data yang kami himpun, pada pilkada serentak 2015, tidak ada satu kabupaten/kota yang tak ada praktik politik uang,” ucapnya.
Teguh mengharapkan masyarakat berperan aktif dalam mencegah dan mengawasi praktik politik uang pada pilkada di daerah masing-masing.

“Kalaupun tetap terjadi `money politic`, kami berupaya melakukan OTT,” tegasnya.

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.(jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *