Tatto Syamsul Syukuri Kemenangan Sementara

  • Whatsapp

CILACAP, Jowonews.com – Pasangan calon bupati dan wakil bupati, Tatto Suwarto Pamuji-Syamsul Aulia Rachman (Tatto-Syamsul) mensyukuri kemenangan sementara mereka dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilacap 2017.

“Hari ini kita telah menyelenggarakan pesta demokrasi dengan begitu baik. Pemilihan kepala daerah secara serentak dilakukan di 101 daerah dan Kabupaten Cilacap adalah satu dari semua daerah yang saya sebutkan tadi,” kata calon bupati petahana Tatto Suwarto Pamuji saat menggelar konferensi pers di Posko Pemenangan Tatto-Syamsul, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu malam.

Konferensi pers tersebut juga dihadiri pimpinan partai politik pengusung yang terdiri atas Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, dan PKB serta sukarelawan yang tergabung dalam “Kancane Tatto-Syamsul”.

Lebih lanjut, Tatto menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Kabupaten Cilacap yang telah menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Cilacap.

“Dengan demikian saudaraku sekalian telah turut mengambil tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan turut mengambil andil dalam menemukan arah pembangunan secara demokratis melalui pemilihan kepala daerah yang difasilitasi oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum),” katanya didampingi calon wakil bupati Syamsul Aulia Rachman.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan apresiasi kepada penyelenggara pilkada, yakni KPU dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) yang telah bekerja dengan maksimal dan sejauh ini belum terdapat keluhan-keluhan yang berpotensi signifikan mengganggu proses demokrasi yang diselenggarakan.

Kendati demikian, dia mengatakan KPU dan Panwaslu tentunya tetap memaksimalkan kinerjanya dalam menyelenggarakan pesta demokrasi, mengatasi secara utuh setiap proses dengan baik, jujur, adil, dan taat azas.

“Demikian juga dengan aparat keamanan yang telah bekerja maksimal, memastikan proses demokrasi berjalan dengan kondusif,” katanya.

Terkait kemenangan sementara yang diraih pasangan nomor urut 2 itu, Tatto meminta para pendukungnya untuk menjaga agar situasi tetap kondusif dengan menunjukkan kedewasaan dan tidak bersikap euforia.

Meskipun berdasarkan “quick count” atau hitung cepat yang diselenggarakan Posko Pemenangan Tatto-Syamsul menunjukkan kemenangan, dia mengajak pendukungnya menunggu perhitungan riil dari KPU Kabupaten Cilacap “Sembari menunggu, saya menyerukan semua pihak agar menjaga situasi tetap kondusif. Mari kita rawat demokrasi ini dengan kedewasaan dan akal sehat, sebagaimana masyarakat kita telah menunjukkan kedewasaan dalam perbedaan pilihan,” tegasnya.

Dia juga memohon maaf jika dalam dinamika politik terutama dalam hal pilkada terjadi situasi-situasi yang mungkin mengakibatkan persinggungan-persinggungan yang kurang menyenangkan.

“Setelah ini (pilkada) mari kita rajut kembali kesatuan kita, kita kembali menjadi masyarakat yang guyub, saling asah, asih, dan asuh,” katanya.

Berdasarkan hasil hitung cepat yang dilakukan Posko Pemenangan Pasangan Tatto-Syamsul bersama Script Survei Indonesia, pasangan nomor urut 2 itu unggul 56,85 persen dalam perolehan suara Pilkada Cilacap, sedangkan pasangan nomor urut 1 Taufik Nurhidayat-Faiqoh Subky meraih 27,2 persen dan pasangan nomor urut 3 Fran Lukman-Bambang Sutanto memperoleh 15,95 persen.

Direktur Eksekutif Script Survei Indonesia Yuhardin mengatakan dalam pelaksanaan hitung cepat atau “quick count” tersebut, pihaknya mengambil sampel 220 TPS dari total 3.217 TPS yang tersebar di 23 kecamatan.

“Dalam ‘quick count’ ini, kami tidak mengikutsertakan Kecamatan Kampung Laut. Sama seperti dalam ‘quick count’ Pilkada DKI Jakarta juga tidak menyertakan Kabupaten Kepulauan Seribu,” katanya.

Menurut dia, sampel tersebut tersebar secara proporsional di seluruh kecamatan dan menggunakan metode acak bertingkat dengan tingkat kepercayaan 95 persen serta tingkat kesalahan 1 persen.

Ia mengatakan berdasarkan data masuk yang telah mencapai 98 persen itu, pasangan Tatto-Syamsul menang di semua kecamatan.

Selain “quick count”, kata dia, pihaknya juga melakukan “real count” dari seluruh TPS di 23 kecamatan (tidak termasuk Kampung Laut.

“Hasil sementara ‘real count’ tidak jauh beda dengan ‘quick count’. Hasil ‘real count’ bisa diketahui besok pagi,” katanya.Jn16-ant

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *