Akhirnya KPK Tempati Gedung Merah Putih

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Akhirnya Gedung Merah Putih milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dioperasikan mulai awal Februari 2017 sebagai kantor bagi sekitar 1.100 pegawai lembaga pemburu koruptor ini.

Gedung 16 lantai dengan corak merah putih itu angkuh berdiri di Jalan Kuningan Persada kavling 4, Setiabudi, Jakarta Selatan. Gedung ini membelah dua bangunan, guna mengingatkan dua fungsi KPK: penindakan dan pencegahan.

“Saat pembangunan gedung ini belum jelas nasibnya, masyarakat mengumpulkan koin ke KPK untuk membantu pembangunan, bahkan ada yang memberikan Rp1.500. Semangat ini yang dipegang KPK untuk memenuhi tanggung jawab kepada masyarakat,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Minggu (19/2).

KPK sengaja mengundang wartawan untuk mengikuti tur keliling gedung seluas 39.299 meter persegi yang pembangunannya sudah dimulai sejak 29 November 2013 itu.

Memang tidak semua lantai dapat diintip wartawan. Wartawan hanya mengunjungi lantai 1, 2, 3, 5 dan 16. Bahkan tidak semua pegawai bisa masuk ke setiap lantai karena masing-masing lantai punya kode tersendiri untuk masuk.

“Di sebelah ada tanah kosong, kalau saya punya uang akan saya beli, sayangnya tidak karena impiannya KPK punya 8.000 orang pegawai, tapi kita mulai dengan jumlah (pegawai) sekarang dan gedung saat ini dan nanti akan ada learning by doing untuk memperbaiki hal yang kurang dari gedung ini,” imbuh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Jn19/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *