Listrik 24 Jam untuk Wisata Karimunjawa

  • Whatsapp
Karimunjawa

JEPARA, Jowonews.com — PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY mendukung pengembangan sektor wisata di Karimunjawa melalui program kelistrikan yang sudah menyala selama 24 jam.

“Upaya ini kami lakukan dengan beroperasinya PLTD Karimunjawa sejak 30 Mei 2016,” kata Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY Hardian Sakti Laksana pada kunjungan media ke PLTD Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Selasa (4/4).

Bacaan Lainnya

Pihaknya optimistis dengan pengembangan tersebut mengingat harga jual listrik yang lebih rendah yaitu Rp1.467/kwh untuk tarif rumah tangga nonsubsidi. Sedangkan untuk tarif bisnis berdasarkan standar biaya pokok produksi (BPP) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp2.332/kWh.

Selain itu, di Karimunjawa masih tersedia cadangan listrik kurang lebih sebesar 3.000 kW atau setara dengan tambahan 10 hotel besar. Dengan cadangan listrik tersebut, saat ini sistem kelistrikan di Karimunjawa memiliki daya mampu hingga 2 x 2.200 kW, dengan beban puncak sebesar 612 kW.

Pihaknya berharap ketersediaan kapasitas daya listrik ini menjadi peluang bagi para investor untuk mengembangkan potensi wisata di Kepulauan Karimunjawa. Untuk diketahui, Kepulauan Karimunjawa yang memiliki 27 pulau dengan 5 pulau berpenghuni ini merupakan salah satu lokasi wisata unggulan Jawa Tengah.

“Beberapa objek wisata yang telah dikenal di antaranya Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Cemara Besar, Spot Nyamplungan, Pantai Tanjung Gelam, Pulau Cilik, Pulau Tengah, dan Pulau Geleang,” katanya

Hardian mengatakan sejak diserahterimakannya pengoperasian sistem kelistrikan di Karimunjawa dari Pemerintah Kabupaten Jepara kepada PLN pada tahun 2016 lalu, pertumbuhan penjualan tenaga listrik di wilayah tersebut mengalami kenaikan hingga 9 persen.(jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *