Pertamina Berangkatkan BBM ke Karimunjawa Pasca Cuaca Buruk

  • Whatsapp
ilustrasi

SEMARANG, Jowonews.com – Perseroan Terbatas Pertamina (Persero) Marketing Operation Region Jawa Tengah-DIY memberangkatkan bahan bakar minyak ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara, pascacuaca buruk yang berdampak penundaan pengiriman melalui laut.

“Tepatnya tadi padi (Minggu) pada pukul 06.50 WIB kami memberangkatkan sebanyak 16 kiloliter (KL) BBM dan BBK ke Karimunjawa,” kata Area Manager Communication and Relation PT Pertamina Jawa Bagian Tengah dan DIY Andar Titi Lestari di Semarang, Minggu.

Dia mengatakan proses pengiriman dilakukan melalui Pelabuhan Jepara dan membutuhkan waktu selama dua jalan perjalanan. Andar mengatakan sampai di Pelabuhan Karimunjawa, BBM dan bahan bakar khusus (BBK) diterima para petugas Pertamina untuk selanjutnya dikirim ke SPBU Kompak Karimunjawa.

“Ketika barang sudah diterima, seluruh tim yang bertugas menyiapkan sarananya untuk kemudahan pengiriman BBM dan BBK hingga ke SPBU Kompak dengan aman dan selamat,” katanya.

Andar mengatakan BBM dan BBK sebanyak 16 kl tersebut dapat digunakan untuk konsumsi selama tiga hari. Oleh karena itu, Pertamina sudah mempersiapkan kapal berikutnya untuk pengiriman selanjutnya.

“Kami akan melakukan pengiriman selanjutnya di keesokan harinya, jadi pengiriman dilakukan secara bertahap,” katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat Karimunjawa untuk bijak dalam menggunakan bahan bakar dan tidak melakukan “panic buying” karena Pertamina terus mengupayakan pengiriman BBM dan BBK ke Karimunjawa.

Sebelumnya, beberapa kali Pertamina kesulitan melakukan percepatan pengiriman BBM dan BBK ke Karimunjawa karena kondisi cuaca yang buruk. Percepatan pengiriman dilakukan menyusul terbakarnya kapal tongkang pengangkut BBM dan BBK ke Karimunjawa beberapa waktu lalu.

“Kami harus lebih hati-hati memilih kapal, aspek ‘safety’ menjadi faktor utama dan kami tidak mungkin mengirimkan BBM dan BBK jika kapal yang membawa bahan bakar ini tidak lulus dalam inspeksi standar keamanan dan keselamatan pengiriman bbm,” katanya. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *