Kadin Jateng Kritik Sulitnya Perizinan Pemda

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah mengingatkan pemerintah daerah agar memberikan kemudahan perizinan yang didengungkan pemerintah pusat.

Wakil Ketua Kadin Jawa Tengah Bidang Pengembangan Ekonomi Didik Sukmono mengatakan, untuk menarik para investor ini masuk ke dalam negeri, pemerintah perlu memberikan insentif berupa kemudahan dalam mendirikan usaha salah satunya dari perizinan.

Bacaan Lainnya

“Misalnya mengenai izin mendirikan bangunan (IMB), ini juga harus dipermudah. Jangan sampai kemudahan perizinan yang didengungkan pemerintah pusat tidak dilaksanakan oleh pemerintah daerah,” katanya di Semarang, Senin (10/4).

Didik mengakui kondisi tidak seragamnya antara kebijakan pemerintah pusat dengan daerah ini sangat terlihat. Sebagai contoh mengenai penerapan IMB di Kota Semarang yang terkesan mempersulit investor.

“Kalau IMB ini kan biasanya dibarengi dengan keterangan rencana kota (KRK), dulu bisa bersamaan saat mengurus IMB dan KRK tetapi sekarang harus KRK dulu baru kemudian urus IMB. Ini kan sangat merepotkan,” katanya.

Selain itu, Didik juga mengkritisi izin gangguan lingkungan yang oleh pemerintah pusat cukup diproses satu kali dan dapat digunakan selama perusahaan berdiri, namun untuk di daerah izin gangguan lingkungan berlaku lima tahun sekali.”Pada dasarnya kami ingin agar diberikan kemudahan tetapi memang sejauh ini tidak semudah yang dibayangkan,” katanya.

Pihaknya berharap kondisi tersebut diperbaiki sehingga bisa memudahkan investor untuk berinvestasi di sektor bahan baku di dalam negeri. (JWN5/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *