Survei Median, Anies-Sandi 49,8%, Ahok-Djarot 43,5%

  • Whatsapp

JAKARTA, Jowonews.com – Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru terkait dengan elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI 2017.

Berdasarkan survei Median, elektabilitas Anies-Sandi sebesar 49,8%, sedangkan elektabilitas Ahok-Djarot 43,5%. Sebanyak 6,7% responden tidak menjawab. Median mencatat elektabilitas Anies-Sandi naik 3,5%, sedangkan Ahok-Djarot naik 3,8% dibanding pada Februari 2017.

Survei yang dirilis pada Senin (10/4/2017) ini bertajuk ‘Paradoks Perilaku Pemilih Pilgub DKI 2017: Adu Kuat Pemilih Rasional vs Pemilih Emosional’. Survei dilakukan oleh Median pada 1-6 April 2017 dengan 1.200 responden.

Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasilnya, 44,9% pemilih menilai Ahok-Djarot mampu membenahi Jakarta, sementara 40,9% lainnya menilai Anies-Sandi-lah yang mampu.

Ada 46,1% responden yang menganggap program Ahok-Djarot paling bagus. Di sisi lain, yang menilai program Anies-Sandi bagus sebanyak 39,3% responden. Ahok-Djarot juga dinilai lebih berpengalaman oleh 65,9% responden. Hanya 23,2% responden yang menganggap Anies-Sandi berpengalaman. Total ada 65,6% pemilih yang puas terhadap kinerja Ahok selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Namun tingkat kepuasan warga berbanding terbalik dengan elektabilitas terhadap calon. Ahok-Djarot mengungguli Anies-Sandi dalam hal kepuasan kinerja, tapi dalam hal elektabilitas, Anies-Sandi balik mengungguli.

Median lalu menanyakan alasan responden memilih kedua pasangan tersebut. Hasilnya, ada 67,1% responden yang memilih Ahok karena alasan rasional, sedangkan 18,2% lainnya karena alasan emosional.

Di sisi lain, ada 31,1% responden yang memilih Anies karena alasan rasional dan 60,4% karena alasan emosional. Alasan rasional misalnya kinerjanya terbukti dan berpengalaman, sedangkan alasan emosional antara lain tegas, peduli, seagama, dan merakyat. (JWN3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *