Wapres Restui Kapal Kemanusiaan ACT ke Empat Negara

  • Whatsapp
Wapres Jusuf Kalla menerima perwakilan Aksi Cepat Tanggap dalam rencana mengirim kapal kemanusiaan ke empat negara

JAKARTA, Jowonews.com — Organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan mengirim bantuan kapal kemanusiaan berupa beras ke empat negara di Afrika dan Timur Tengah, yakni Somalia, Sudan Selatan, Nigeria, dan Yaman.

“Ke Somalia, Yaman, Sudan Selatan, dan Nigeria, empat negara itu yang menjadi geger dunia soal kelaparan, yang pertama Somalia,” kata Presiden ACT Ahyudin di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (10/4).

Bacaan Lainnya

Ahyudin menemui Wapres Jusuf Kalla untuk melaporkan rencana pengiriman perdana bantuan sebanyak seribu ton beras ke Somalia melalui Pelabuhan Tanjuk Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada akhir April 2017.

“Kami sampaikan ‘Insya Allah’ kalau tidak ada aral melintang bulan April ini, tanggal 23, paling lambat 30 April, yang seribu ton ini akan kita kirim melalui pelabuhan Surabaya dan ‘Insya Allah’ beliau berkenan melepas bantuan perdana ini,” kata dia.

Bantuan pangan ke empat negara tersebut, menurut Ahyudin, sejalan dengan laporan PBB yang menyebutkan bahwa kekeringan di kawasan Afrika Timur telah menyebabkan sekitar 20 juta orang terdampak kelaparan.

Di Somalia saja, hampir 6,2 juta orang mengalami kelaparan dan sedikitnya 110 orang meninggal di setiap wilayah negara.
“Somalia prioritas karena yang paling kritis, jadi butuh penyelamatan lebih dulu,” kata dia.

ACT juga menyampaikan Wapres RI bahwa aliran bantuan tersebut ditargetkan dapat mencapai 25 ribu ton beras yang diberikan dalam beberapa tahap selama setahun. (JWN5/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *