Ekonomi Penyandang Disabilitas Perlu Didukung

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Semarang, 11/4 (Antara) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus berupaya mendorong tenaga kerja dari penyandang disabilitas agar kesejahteraannya meningkat.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah melalui Pameran Inovasi dan Kreativitas Tenaga Kerja Khusus Disabilitas yang berlangsung pada Rabu – Kamis (12-13/4),” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Wika Bintang di Semarang, Selasa (11/4).

Menurut dia, hal tersebut dapat digunakan sebagai ajang promosi produk UMKM dari para penyandang disabilitas, sekaligus memberikan pelayanan informasi ketenagakerjaan di bidang penempatan tenaga kerja khusus.

Ia menjelaskan para penyandang disabilitas yang mengikuti pameran inovasi dan kreativitas tersebut berasal dari berbagai bidang usaha industri rumah tangga seperti tata busana, miniatur pesawat, batik, modifikasi kendaraan disabilitas, lukisan, kerajinan tangan, pembuatan tas, dan makanan.

Wika menyatakan, di kalangan masyarakat masih ada anggapan jika tenaga kerja khusus, terutama penyandang disabilitas tidak dapat bekerja secara produktif dan justru kontraproduktif terhadap kepentingan pemberi kerja.

“Oleh karena itu, kami terus mendorong penyandang disabilitas agar lebih mandiri dengan wirausaha,” ujarnya. Para penyandang disabilitas, lanjutnya, dinilai telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pembangunan bangsa dan negara melalui berbagai aspek kehidupan. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *