Baznas Dirikan Minimarket Z-Mart

  • Whatsapp
Z Mart

JAKARTA, Jowonews.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan Z-Mart yaitu minimarket yang memiliki konsep pemberdayaan bagi kalangan kurang mampu, baik para pedagang maupun pembelinya.

Z-Mart pertama dibangun di Desa Selotong dan Desa Secanggang, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Z-Mart didirikan atas kebutuhan masyarakat akan penyediaan kebutuhan rumah tangga. Toko tersebut melayani pembelian dalam jumlah banyak (grosir) dan menyuplai warung-warung kelontong di perkampungan setempat.

Bacaan Lainnya

Selama ini, masyarakat sekitar kesulitan menjangkau toko kelontong karena keterbatasan akses transportasi. Selain itu, harga jual di warung grosir dan minimarket relatif mahal.

Di atas lahan wakaf seluas 150 meter persegi, Z-Mart berdiri bersama Z-Cafe. Lokasi tersebut bersebelahan dengan Masjid Desa Selotong, yang sekaligus sebagai lokasi pendidikan spiritual bagi masyarakat untuk dekat dengan masjid.

Z-Mart menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat seperti minyak, gula, sabun, perlengkapan rumah tangga dan hasil kerajinan tangan masyarakat sekitar. Z-Cafe didirikan untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi masyarakat sambil saling membangun nilai spiritual.

Sebanyak 33 orang mustahik penerima manfaat mengelola Z-Mart dan menjalankan aktivitas pelayanan minimarket yang buka pada pukul 06.30-23.00 WIB. Setiap waktu shalat, Z-Mart ditutup dan buka kembali setelah shalat. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *