Papua Masih Endemis Penyakit Kusta

  • Whatsapp
ilustrasi

BIAK, Jowonews.com – Kementerian Kesehatan menyebutkan 17 wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Papua masih endemis penyakit kusta.

Data Subdit Penyakit Tropis Menular Langsung Direktorat P2P Kementerian Kesehatan yang diperoleh Antara, Rabu mengungkapkan, kabupaten dan kota di Papua yang masih endemis kusta di antaranya Kabupaten Merauke, Boven Digul. Paniai, Jayawijaya, Mamberamo Raya, Keerom dan Jayapura.

Sedangkan daerah lain endemis kusta, yakni Kota Jayapura, Mimika, Asmat, Nabire, Mappi, Kabupaten Yapen Kepulauan, Biak Numfor, Supiori, Waropen dan Kabupaten Sarmi.

“Upaya menekan penurunan penyakit kusta di wilayah Provinsi Papua menjadi kepedulian semua pemangku kepentingan dan masyarakat sehingga target 2019 bebas eliminasi kusta dapat terwujud,” ujar Kasi Kusta Tropis Menular Langsung dr Tiara Pakasih.

Ia mengatakan, strategi pencegahan penyakit kusta dimulai dari lingkungan keluarga dengan mengenali tanda-tanda fisik penyakit kusta, yakni muncul bercak putih dan kemerahan yang menyebabkan mati rasa.

Tanda lain penyakit kusta adalah penebalan saraf tepi disertai gangguan saraf serta adanya uman lepra {BTA} di dalam kerokan jaringan kulit (slit skin smear).

“Jika mendapatkan tanda fisik penyakit kusta segera memeriksakan kesehatan di Puskesmas atau rumah sakit untuk dilakukan pengobatan sejak dini supaya sembuh,” ujarnya.

Tiara mengajak semua elemen masyarakat Papua untuk melakukan kebiasaan serta perilaku hidup sehat dan bersih di dalam kehidupan keluarga sehingga dapat mencegah penularan penyakit tertentu.

Untuk jenis penyakit kusta, menurut Tiara, ada dua jenis, yakni kusta basah (MB) dan kusta kering (PB).

“Jika ada keluarga yang terdeteksi mengidap kusta segera dilakukan pengobatan karena penyakit ini dapat disembuhkan dengan minum obat teratur,” kata Tiara seusai sosialisasi pencegahan dini penyakit kusta diselenggarakan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Biak.

Tiara berharap secara nasional target eliminasi kusta di 34 provinsi Indonesia akan terwujud pada tahun 2019.

Berdasarkan data kasus baru kusta di Kabupaten Biak Numfor ditemukan sebanyak 176 kasus baru yang tersebar di berbagai kampung dan distrik.(jwn4/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *