Revitalisasi Pasar Johar Butuh Rp 700 M

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan setidaknya butuh Rp700 miliar untuk revitalisasi Pasar Johar mencakup seluruh kawasan.

“Di situ kan ada bangunan ‘heritage’, ada yang ‘non-heritage’, plus mengembalikan alun-alun. Tahun ini, kami baru anggarkan Rp50 miliar untuk penguatan bangunan cagar budayanya,” katanya di Semarang, Selasa (25/4)

Bacaan Lainnya

Kalau untuk penguatan bangunan cagar budaya Pasar Johar secara menyeluruh, kata dia, membutuhkan sekitar Rp400 miliar, dan dari Pemkot Semarang mengalokasikan Rp50 miliar.

“Sisanya (dari Rp700 miliar, red.), untuk yang ‘non-heritage’, seperti pembangunan tempat parkir, penambahan bangunan, pengembalian alun-alun, dan sebagainya,” katanya.

Dengan perhitungan total biaya yang diperlukan Rp700 miliar, Agus mengatakan jika hanya ditanggung APBD Kota Semarang tentunya bisa memerlukan lima kali APBD atau lima tahun. “Namun, jika dibantu oleh pusat dan provinsi tentunya bisa ditekan cukup 3-4 tahun untuk merampungkan Pasar Johar,” katanya (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *