Polisi Kawal Napi Nusakambangan Lomba di Kendal

  • Whatsapp
ILUSTRASI

CILACAP, Jowonews.com – Anggota Kepolisian Subsektor Nusakambangan mengawal 10 napi Lembaga Pemasyarakatan Narkotika, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, yang akan mengikuti lomba membatik dalam rangka Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-53 di Lapas Kendal.

“Napi yang dipilih oleh pihak Lapas Narkotika untuk mengikuti lomba adalah napi yang masa hukumannya akan segera selesai,” kata Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Yudho Hermanto melalui Kepala Polsubsektor Nusakambangan Inspektur Polisi Dua Siswanto di Cilacap, Kamis.

Dia menjelaskan napi yang dipilih untuk mengikuti lomba merupakan warga binaan pemasyarakatan yang hampir bebas dengan sisa masa hukuman kurang dari satu tahun.

Selama mengikuti lomba dan kegiatan yang dihadiri Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, kata dia, 10 napi itu untuk sementara akan dititipkan di Lapas Kendal.

Siswanto mengatakan pengawalan terhadap 10 napi tersebut, melibatkan enam personel Polres Cilacap dari Satuan Sabhara dan Polsubsektor Nusakambangan, serta empat pegawai Lapas Narkotika.

“Mereka diseberangkan dari Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan menuju Dermaga Wijayapura di Cilacap dengan menumpang kapal ‘compreng’,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, 10 napi beserta petugas yang mengawal mereka, berangkat menuju Lapas Kendal menggunakan bus Transpas.

Keterampilan membatik merupakan salah satu program unggulan Lapas Narkotika, Nusakambangan, dalam pembinaan terhadap para napi.

Kain batik buatan napi Lapas Nusakambangan sudah banyak dipakai oleh pejabat di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Bahkan, sejumlah galeri di Cilacap juga telah menyediakan kain batik buatan napi Lapas Narkotika. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *