Ketua Komisi A DPRD Kebumen Dituntut 5 Tahun Penjara

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudhi Tri Hartanto dituntut 5 tahun penjara dalam kasus suap proyek di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten setempat.

Jaksa Penuntut Umum Fitroh Rohcahyanto dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa, menyatakan terdakwa terbukti menerima sesuatu berkaitan dengan jabatannya.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 12 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” katanya dalam sidang yang dipimpin Hakim Ketua Siyoto tersebut.

Menurut dia, terdakwa terbukti menerima sejumlah uang dari pelaksana proyek pokok pikiran (pokir) Komisi A DPRD Kebumen dan pengadaan alat peraga untuk dinas pendidikan setempat.

Terdakwa juga dinilai mengetahui adanya pemberian fee sebesar Rp135 juta yang berasal dari Komisaris Utama PT Otoda Sukses Mandiri Abadi, Hartoyo.

Fee yang diperoleh terdakwa tersebut ditujukan untuk dibagikan kepada para anggota Komisi A.

Jaksa menyebut sejumlah anggota Komisi A DPRD Kebumen telah menerima bagian atas pemberian fee tersebut.

Bersama dengan Yudhi, dituntut pula Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sigit Widodo yang juga terkait dengan suap proyek tersebut.

Dalam tuntutannya, jaksa juga mengungkapkan peran Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Adi Pandoyo dalam perkara tersebut.

Adi yang juga menjadi tersangka dalam perkara suap ini diduga mengetahui pemberian fee atas proses di dinas pendidikan tersebut.

Dalam pertimbangannya, jaksa menilai kedua terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Khusus untuk Sigit Widodo, Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan terdakwa tersebut sebagai Justice Collaborator.

Atas tuntutan tersebut, kedua terdakwa diberi kesempatan untuk menyampaikan pembelaan pada sidang yang akan datang. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *