Penanganan Tebing Longsor Tawangmangu Belum Tuntas

  • Whatsapp

KARANGANYAR, Jowonews.com – Tebing longsor di Jalan Tembus Tawangmangu – Sarangan tepatnya di Dusun Ngledok Desa Gondosuli Kabupaten Karanganyar belum tuntas penanganannya. Jalur ini merupakan jalan penghubung Jawa Tengah ke Magetan Jawa Timur. Selain itu jalur ini juga jalan wisata yang sangat ramai jika akhir pekan.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso mengatakan jalur ini sering terjadi kecelakaan karena longsoran tanah. “Maret 2016 lalu sempat terjadi longsor juga tidak jauh dari sini, sudah ditangani, tapi titik longsor terus bertambah, kanan kirinya sangat rawan longsor,” terang Hadi saat mengunjungi lokasi, Selasa (2/5/2017) lalu.

Pemerintah Provinsi, lanjut legislator Dapil IV Jateng itu, harus memasang deteksi dini bahaya longsor, rambu lalu lintas bahaya longsor dan penerangan jalan umum. Selain itu, melihat seringnya longsor, penanganannya pun harus lebih serius.

“Tebing yang longsor ini sebelumnya menggunakan dinding penahan tanah Foot Plat karena banyak batu jadi tidak bisa dilakukan pengeboran. Makanya belum bisa untuk menangani longsoran di sisi kanan tebing tadi. Juga belum dilengkapi vertical drain dan horizontal drain,” terang politikus PKS itu.

Anggota Komisi D, Untung Wibowo juga menambahkan, metode penanganan longsor tersebut sudah tepat tapi perlu tindakan preventif. “Dari bina marga memang perlu tondakan preventif agar kedepan hal serupa tidak terjadi lagi. Dalam keterbatasan anggaran memang tidak ideal. Tapi paling tidak prioritaskan yg sudah terlihat potensi pergerakan tanahnya aktif,” kata legislator yang juga berasal dari Dapil IV Jateng itu.

Sementara itu Kasi Jalan Bidang Pembangunan Wilayah Timur 2, Sutarto, mengatakan awalnya penanganan longsor menggunakan APBN, namun saat ini dibebankan ke APBD Jateng.“Meskipun jalannya ini jalan provinsi, dulu saat longsor tebing yang pertama kami mengajukan bantuan ke pusat, kalau saat ini proyek penanganan longsor tebing ini menggunakan APBD kita,” terang Sutarto. (JWN7/JWN3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *