Samsung Bedah 31 Rumah di Tembalang

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Samsung bekerja sama dengan Habitat for Humanity (HFH) memperbaiki 31 unit rumah tidak layak huni di Desa Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Kami selalu berusaha terlibat langsung dalam pembangunan komunitas, melalui inovasi dan teknologi untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat Indonesia,” kata Corporate Affairs Vice President Samsung Electronics Indonesia Kanghyun Lee pada kunjungannya di Desa Rowosari, Semarang, Kamis (4/5).

Dia mengatakan kelayakan 31 unit rumah yang diperbaiki tersebut mengikuti standar global yang ditetapkan oleh HFH Indonesia yang standar konstruksi dengan ketahanan sesuai dengan rekomendasi pemerintah dan HFH Indonesia.

“Selain itu, rumah tersebut juga harus dipastikan ketersediaan akses dan kuantitas air bersih yang memadai, sanitasi yang baik, dan desain rumah dengan luas kamar minimal 3,5 m2/orang dan memiliki minimal dua ruangan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Direktur Nasional HFH Indonesia Tommy Pacatang mengatakan Desa Rowosari dipilih untuk melaksanakan program tersebut sesuai dengan rekomendasi Pemerintah Kota Semarang.

“Meski demikian kami tetap melakukan riset dan serangkaian penilaian terkait dengan kondisi rumah-rumah serta lingkungan mereka saat ini,” katanya.

Dalam hal ini, pihaknya bertanggung jawab pada manajemen konstruksi dan pengelolaan kemitraan dengan komunitas warga agar kualitas program dan pemberdayaan masyarakat dapat terjaga baik.

Mengenai pemilihan rumah tidak layak huni tersebut pihaknya mempertimbangkan keadaan rumah di antaranya rumah masih beralaskan tanah, fondasi tidak kuat, atap bocor, dinding masih terbuat dari bambu, dan sanitasi tidak layak. Untuk perbaikan masing-masing rumah, dikatakannya, dibutuhkan dana antara Rp27 juta-Rp30 juta/unit. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *