Hutan Masin Kudus akan Disulap Jadi Objek Wisata

  • Whatsapp

KUDUS, Jowonews.com — Hutan Masin di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal dikembangkan menjadi objek wisata alam, menyusul adanya kemudahan akses menuju lokasi tersebut.

“Saat ini, yang terkenal dari kawasan Hutan Masin adalah wisata religinya karena terdapat makam Raden Ayu Dewi Nawangsih dan Raden Bagus Rinangku,” kata Kepala Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Shofwan, di Kudus, Selasa (15/5).

Meskipun hanya mengandalkan makam keturunan Sunan Kudus tersebut, kata dia, jumlah pengunjungnya memang cukup banyak. Untuk itu, kata dia, pemerintah desa berencana mengembangkan kawasan wisata tersebut menjadi lebih baik.

Rencananya, lanjut Shofwan, akan ditambahkan fasilitas lokasi bumi perkemahan serta arena permainan “flying fox”. Dengan adanya fasilitas tambahan tersebut, dia berharap, bisa menarik minat kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Apalagi, lanjut dia, saat ini akses jalan menuju objek wisata tersebut bisa ditempuh dari arah Pati, menyusul adanya akses jalan baru dengan betonisasi.

“Jika sebelumnya belum ada jembatan, kini sudah ada sehingga masyarakat dari Kabupaten Pati yang hendak berziarah ke Makam Raden Ayu bisa lebih mudah mencapai lokasi, dibanding sebelumnya harus memutar lebih jauh,” ujarnya.

Sebelum ada jalan baru, katanya, masyarakat asal Desa Glagah, Kabupaten Pati yang hendak ke makam bisa menempuh perjalanan hingga 3 kilometer lebih, kini cukup 1 kilometer saja sudah bisa sampai.

Ia optimistis, dengan kawasan Hutan Masin yang masih asri serta tersedia lahan yang cukup luas, masih memungkinkan dikembangkan menjadi objek wisata alam andalan di Desa Kandangmas.

“Terlebih lagi, nantinya juga ada Bendungan Logung yang sebagian berada di wilayah Desa Kandangmas, sehingga ada kesinambungan dengan pengembangan objek wisata di desa ini,” ujarnya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *