PADANG, Jowonews.com — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan pada awal Mei lalu, perbaikan jalan di Tanah Air diperkirakan rampung 100 persen saat menjelang masa Mudik Lebaran 2017.

“Ada dua jalan yang biasanya digunakan untuk mudik, yaitu jalan nasional dan jalan tol dan 60 persen pemudik berasal dari Jakarta dengan tujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” kata dia di Padang, Selasa (16/5).

Ia mengatakan untuk jalan nasional sudah siap 100 persen dan pada awal Juni pihaknya akan mengecek kesiapan jalan tol untuk menyambut mudik.

Khusus untuk jalan tol Trans Jawa yang pintu keluarnya tidak lagi di Brebes, belajar dari kejadian mudik sebelumnya yang menyebabkan kemacetan.

“Dari ‘exit’ Brebes hingga ‘exit’ Batang nantinya akan disiapkan enam akses keluar yakni dua ke arah Utara dan empat ke Selatan, seperti Slawi dan Purwokerto,” lanjut dia.

Selain itu untuk jalan keluar juga akan melewati Pekalongan, Tegal dan Batang, sehingga lebih panjang dalam rangka memperbanyak alternatif rekayasa lalu lintas.

Ia mengatakan jalan tol sudah sampai Weleri, kemudian Semarang, Salatiga, Solo, Mojokerto hingga Surabaya, bisa dilalui.

Basuki mengatakan untuk perbaikan jalan tol masih dikebut dan akan dimaksimalkan hingga H-10 Lebaran 2017. “Kalau target selesai 100 persen 2018, tapi untuk mudik tahun ini kita upayakan semaksimal mungkin,” ujar dia. (jwn5/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here