Harga Bawang di Solo Alami Penurunan Jelang Ramadhan

  • Whatsapp
Jowonews.com BAWANG MERAH IMPOR : Sejumlah pedagang di Pasar Johar menjual bawang merah impor karena harganya lebih murah dari bawang merah lokal.

SOLO, Jowonews.com – Harga komoditas sayuran khususnya jenis bawang putih di Pasar Tradisional Kleco Solo menjelang bulan puasa mengami penurunan hingga Rp7.000 per kilogram.

Sugiyem (51) salah satu pedagang di Pasar Kleco Solo, Minggu, mengatakan, harga bawang putih yang sebelumnya dijual hingga Rp60.000 per kilogram kini mulai turun cukup lumayan hingga Rp53.000 per kg, sedangkan bawang merah tetap stabil Rp24.000/kg.

Menurut Sugiyem, turunya harga bawang putih kemungkinan karena persediaan di pedang cukup banyak sehingga harga ditawarkan turun dibanding dua hari sebelumnya.

“Saya menjual sayuran ini, tergantung dari harga dari distributor, jika mereka menaikan harga pedagang akan menyesuaikan,” kata Sugiyem.

Sugiyem juga menjelaskan harga cabai rawit merah di Pasar Kleco ditawarkan stabil yakni Rp50 ribu/kg, rawit hijau Rp28 ribu/kg, cabai keriting Rp25 ribu/kg, dan hijau Rp20 ribu.

“Saya berharap harga barang-barang tidak ada kenaikan saat memasuki puasa, sehingga kondisi pasar akan bergairah,” katanya.

Sidiq pedagang lainnya di Pasar kleco mengatakan, harga beberapa kebutuhan pokok di Solo rata-rata masih dijual stabil, sedangkan stok barang diperkirakan masih mencukupi hingga Lebaran mendatang.

Harga gula pasir di Pasar Kleco Solo, masih ditawarkan Rp12.500/kg, minyak goreng curah Rp12.500/kg, beras kualitas sedang hingga super antara Rp9.800/kg hingga 11.000/kg, dan telur ayam dijual Rp21.000/kg.

Pedagang lainnya, Menurut Rahayu (40) mengatakan harga daging ayam tetap stabil dan persediaan masih mencukupi kebutuhan pasar menjelang puasa ini.

Harga daging ayam tetap bertahan Rp28.000/kg, sedangkan daging sapi di Pasar Tradisional Kleco juga dijual stabil yakni kualitas super Rp110.000/kg dan biasa Rp100.000/kg, dan Kambing Rp88.000/kg.

Rahayu mengatakan menjelang buka puasa belum ada niat menambah stok untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, karena permintaan rata-rata masih biasa-biasa saja.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta Subagiyo, mengatakan, harga beberapa kebutuhan pokok di sejumlah pasat tradisional di Kota Solo menjelang puasa rata-rata masih stabil, dan stok serta pasokan ke pasar juga lancar.

“Kami setiap hari selalu memantau perkembangan harga-harga di pasar tradisional. Kami berharap tidak ada gejolak hingga Lebaran mendatang,” kata Subagyo. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *