Jelang Puasa, Kerajinan Aksesori Sukoharjo Banjir Pesanan

  • Whatsapp

SUKOHARJO, Jowonews.com — Kerajinan berbagai jenis barang aksesori kecantikan dari bahan baku tembaga dan batu akik di Kampung Gebyok Desa Ngemplak Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, menjelang bulan puasa kebanjiran pesanan dari pelanggannya.

Seorang pengrajin Erlina Vahya Aggraini (27) warga RT 02 RW 05 Gebyok Ngemplak Sukoharjo, Senin, mengatakan, permintaan pelanggan aksesoris kecantikan seperti cincin, anting, gelang, kalong, bros, dan souvernir pernikahan menjelang puasa ini, sekitar 500 buah per bulan atau meningkat sekitar 66 persen.

“Saya pada bulan sebelum rata-rata mampu menjual hasil kerajinan ini, sekitar 300 buah per bulan. Namun, menjelang Lebaran seperti yang sudah diperkirakan dari tahun ke tahun selalu naik pesanan,” kata Erlina.

Menurut Erlina produknya awalnya yang sedang ngetren batu akik dengan dihiasi bahan baku tembaga baik untuk cincin, liontin, aksesoris jilbab atau bros, dan aksesoris lainnya. Ternyata, produk itu, bisa laku dan diminati banyak pembeli.

Erlina mengaku produksinya dijual bervariasi tergantung jenis bahan baku dan tingkat kerumitan proses produksi, dimulai dengan harga Rp5.000 per buah hingga Rp1 juta per buah.

“Kami proses produksi butuh waktu sekitar dua hingga tiga hari untuk pembuatan aksesori yang rumit, sedangkan seperto bros atau cincin kemampuan rata-rata bisa 50 hingga 100 per hari,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *