Pantau Inflasi, 34 Pasar di Jateng Dipantau

  • Whatsapp
ilustrasi

SEMARANG, Jowonews.com — Tim Pengendali Inflasi Daerah berupaya memastikan pemantauan harga sembilan bahan kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadhan di setiap daerah di Jawa Tengah.

“TPID Provinsi Jawa Tengah bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah aktif melaksanakan kegiatan dan menerapkan protokol manajemen lonjakan harga (PMLH),” kata Ketua TPID Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono pada Rapat Koordinasi Ekonomi, Keuangan, Industri, dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Selasa (23/5).

Salah satu upaya yang dilakukan, katanya, pemantauan harga sembako secara langsung pada sejumlah pasar di 34 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan terhadap lima pasar di Kota Semarang.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menyajikan data informasi dan mempebarui data sistem informasi harga dan produksi komoditi (sihati) setiap hari.

“Pada sihati yang saat ini merupakan sihati generasi III ini juga akan diketahui data produksi secara berkala. Selain itu, komoditas yang mengalami lonjakan harga akan segera terdeteksi oleh sihati,” katanya.

Pihaknya juga berupaya melaksanakan kegiatan pengawasan barang beredar di pasar. Pada kegiatan tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jateng bersama dengan BPOM serta instansi terkait memastikan barang yang beredar di pasar telah memenuhi aspek keselamatan, keamanan, kesehatan, dan lingkungan hidup (K3LH).

“Pengawasan ini kami fokuskan pada barang kebutuhan pokok di lokasi pelaksanaan pasar murah, kami prioritaskan di daerah zona merah, yaitu Kabupaten Semarang, Demak, Purbalingga, Klaten, Blora, Pemalang, Brebes, dan Purbalingga,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *