Pemkab Banjarnegara Usahakan Harga Sembako Stabil

  • Whatsapp
ILUSTRASI

BANJARNEGARA, Jowonews.com — Pemerintah Kabupaten Banjarnegara terus memantau perkembangan harga bahan pokok secara berkala, kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Banjarnegara, Sri Mastuti.

“Pemantauan dan pelaporan perkembangan harga harian secara intensif di pasar terus dilakukan,” kata Sri Mastuti di Banjarnegara, Kamis (25/5).

Pihaknya, kata dia, berupaya agar harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan 2017 tetap stabil. “Harga bahan pokok diupayakan tetap stabil karena pasokan komoditi sembako dari luar produsen dan distributor ke sejumlah pasar tradisional berjalan,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, kata dia, juga akan menetapkan harga eceran tertinggi, guna menjaga kestabilan harga bahan pokok.

“Selain itu distributor yang tidak mendaftar dan terindikasi menimbun bahan pangan akan dijerat hukum dan denda,” katanya.

Selain itu, pemerintah kabupaten, kata dia, juga akan memantau keamanan dan kelancaran distribusi barang di tiap daerah. Selain itu, memantau jumlah stok barang kebutuhan pokok yang dimiliki pedagang di pasar.

Sementara itu, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Banjarnegara, Abdul Suhendi mengatakan, pemerintah kabupaten juga memastikan bahwa stok beras di Banjarnegara masih aman selama bulan Ramadhan 2017.

Dia mengungkapkan, jika mengacu tingkat konsumsi beras di Banjarnegara 7.280 ton lebih per bulan, maka stok beras di Banjarnegara masih aman.

“Dari data dan stok yang ada, terutama di Gudang Bulog saat ini masih cukup, setiap bulan, hingga pascaLebaran, Bulog menyiapkan 4.600 ton beras,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *