Media Diminta Turut Beritakan APBD Provinsi

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com – Berbagai media massa diharapkan ikut memberitakan secara cermat dan utuh mengenai alokasi penggunaan APBD Provinsi Jawa Tengah kepada masyarakat guna menghindari salah penafsiran sejumlah pihak.

“Dengan demikian, informasi yang disampaikan tidak menimbulkan bias yang pada akhirnya berdampak pada terbentuknya opini negatif di masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan, salah satu informasi yang paling banyak diminta oleh masyarakat adalah informasi tentang alokasi penggunaan APBD Provinsi Jateng seperti pertanyaan berapa besaran APBD dan penggunaannya untuk apa saja.

Terkait dengan banyaknya pertanyaan masyarakat tentang APBD tersebut dan karena fungsinya yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan, maka pemahaman tentang APBD merupakan hal yang penting.

“Terutama untuk menghindari kesalahan penafsiran mengenai alokasi dana yang dianggarkan dalam APBD,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa hal itu sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik “Masyarakat berhak meminta informasi kepada pemerintah, termasuk tentang penggunaan APBD. Bagaimanapun APBD adalah uang rakyat, maka sudah selayaknya mereka berhak tahu untuk digunakan apa uangnya,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah Dadang Somantri menambahkan sosialisasi mengenai cara pembacaan APBD diselenggarakan untuk memenuhi keinginan para jurnalis.

“Melalui kegiatan itu, insan media lebih mengetahui mengenai gambaran APBD dan bisa menerjemahkannya dengan benar,” ujarnya. (JWN3/Ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *