Apindo Jateng Minta Pekerja tak Risaukan THR

  • Whatsapp
REUTERS/Edgar Su

SEMARANG, Jowonews.com — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah mengimbau para pekerja tidak perlu mengkhawatirkan pembayaran tunjangan hari raya (THR).

“Kami sudah memberikan imbauan kepada para pengusaha untuk segera membayarkan THR,” kata Ketua Apindo Jawa Tengah Frans Kongi di Semarang, Selasa (30/5).

Menurut dia, sesuai dengan arahan dari pemerintah, THR dibayarkan dua minggu jelang Lebaran. Meski demikian, saat ini ada beberapa perusahaan yang mulai melakukan pembayaran THR. “Belum banyak, tapi beberapa sudah melakukannya. Ini untuk meringankan beban perusahaan pada jelang Lebaran,” katanya.

Di sisi lain, Frans berharap adanya kesepakatan antara perusahaan dengan pekerja jika perusahaan yang bersangkutan mengalami kesulitan untuk pembayaran THR.

“Harus ada kesepakatan yang dipatuhi bersama, kalaupun ada kejadian tersebut saya pikir tidak terlalu banyak. Di Jawa Tengah ini hanya ada 1-2 perusahaan yang mengalami kesulitan keuangan hingga tidak bisa membayarkan THR secara penuh,” katanya.

Dari kejadian tahun-tahun sebelumnya, dikatakannya, untuk kondisi tersebut THR akan dibayarkan sebanyak dua kali oleh perusahaan yang bersangkutan.

“Setengah dibayarkan jelang Lebaran, sisanya dibayarkan setelah Lebaran. Selama pekerja tahu dari awal tidak akan ada masalah,” katanya.

Pihaknya juga berharap jika perusahaan kesulitan membayarkan THR, sejak awal harus ada keterbukaan kepada perwakilan serikat buruh.

“Dengan demikian, pekerja bisa menerima kondisi tersebut. Bagaimanapun juga, ketika perusahaan kesulitan membayarkan THR, pekerja tidak bisa memaksakan kemampuan perusahaan tersebut,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *