DPRD: Jalan Banyuputih-Plantungan Bisa Jadi Alternatif ke Jalur Selatan Jateng

  • Whatsapp
CEK JALAN. Komisi D DPRD Jateng melakukan pengecekan rua jalan alternatif di Batang.

BATANG, Jowonews.com – Dibukanya ruas tol hingga Batang, titik simpul kemacetan pada mudik  Lebaran 2017 di jalur Pantura barat, Jateng, diprediksi bergeser dari exit tol Brebes timur (Brexit) ke wilayah Pantura Tegal dan Pantura Pekalongan hingga wilayah Batang. Karena itulah ruas Banyuputih-Plantungan di Batang menjadi salah satu alternatif untuk bisa mengurai kemacetan lalu lintas di sepanjang pantura.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng Hadi Santoso mengharapkan, peningkatan ruas jalan tersebut diharapkan akan dapat mengurai kemacetan pada puncak arus mudik tahun ini. Karena itulah kesiapan infrastruktur  harus ditingkatkan agar pemudik lebih aman dan nyaman.

Jalan yang kini berstatus jalan provinsi itu memang sudah saatnya ditingkatkan mengingat fungsinya sebagai jalur alternatif penghubung antara jalur pantura dengan tengah dan selatan Jawa Tengah.

“Jalur ini cukup penting sebagai penghubung dengan jalur tengah dan selatan, maka minimal pada H-10 lebaran harus sudah selesai dan digunakan pemudik”, tutur politikus PKS itu disela kunjungan kerja monitoring pelaksanaan pembangunan peningkatan jalan Banyuputih – Plantungan Kabupaten Batang baru-baru ini.

Sementara, anggota Komisi D Abdul Hamid menambahkan, bergesernya simpul-simpul kemacetan ke arah timur harus dicari solusinya. Dengan selesainya peningkatan jalan Banyuputih- Plelen, maka kepadatan di lajur pantura wilayah Gringsing hingga Plelen bisa terurai.

“Pemudik yang hendak menuju  arah selatan Jawa bisa yang terjebak kemacetan bisa langsung mengambil alteratif jalan itu yang sebelumnya harus menempuh hingga ke Weleri dulu,”katanya. (JWN3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *