Ramadhan, Hotel di Jateng Gunakan Sistem Ballax

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah menyatakan sejumlah hotel menerapkan sistem penjualan “ballax” selama Ramadhan untuk menjaga omzet perusahaan.

“Sistem penjualan ‘ballax’ ini yaitu penjualan yang dilakukan selama bulan Ramadhan dengan harga tertentu tetapi pemakaian kamarnya bisa digunakan di luar bulan Ramadhan, untuk pembayaran kamar tetap dilakukan pada bulan ini,” kata Wakil Ketua PHRI Jawa Tengah Benk Mintosih di Semarang, Selasa (30/5).

Penjualan sistem “ballax” itu, syaratnya dengan jumlah tertentu, yaitu minimal 100 kamar. Selanjutnya, pada penggunaannya di luar Ramadhan maksimal 5 kamar di waktu yang sama.

“Untuk penggunaannya berlaku selama dua bulan, waktunya sesuai dengan kesepakatan antara pihak hotel dengan ‘customer’,” katanya.

Ia mengatakan konsumen yang banyak memanfaatkan sistem tersebut adalah dari agen perjalanan wisata. Biasanya, mereka akan menggunakannya untuk menginap para wisatawan yang kebetulan berkunjung ke Semarang.

Menurut Benk, langkah tersebut cukup efektif untuk menjaga pemasukan perusahaan di saat tingkat okupansi mengalami penurunan selama Ramadhan.

“Sebagai perbandingan, jika pada bulan-bulan normal tingkat okupansi sekitar 60 persen/bulan, untuk saat ini hanya di kisaran 40 persen/bulan. Oleh karena itu, perlu adanya strategi pemasaran khusus,” katanya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *