THR di Jateng Bermasalah? Adukan Ke Disnakertrans

  • Whatsapp

SEMARANG, Jowonews.com — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah memantau langsung pembayaran tunjangan hari raya bagi para pekerja di dua perusahaan di Kabupaten Semarang, Selasa (13/6).

Pantauan pemberian THR dipimpin langsung oleh Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah Wika Bintang dilakukan di pabrik PT Sinar Sosro dan PT Perindustrian Bapak Djenggot.

Dari hasil pantauan diketahui bahwa kedua perusahaan tersebut telah membayarkan THR kepada ratusan pekerja masing-masing pada minggu pertama Juni 2017 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Wika menjelaskan bahwa ketentuan pembayaran THR bagi pekerja itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, Peraturan Menteri Tenaga Ketja Nomor 6/2016 tentang THR Keagamaan Bagi Buruh Di Perusahaan, dan Surat Edaran Menaker RI No.3/2017.

Ia mengimbau para pekerja yang belum menerima THR hingga H-7 Lebaran untuk melapor ke Disnakertrans Jateng atau Dinas Tenaga Kerja di kabupaten/kota agar bisa segera ditindaklanjuti.

Dia mengatakan laporan bisa disampaikan ke kanal aduan yang telah disediakan yakni melalui email di [email protected], akun twitter @disnakerjateng, atau menghubungi telepon 024-8311713 dan WhatsApp 085801310939.

“Ada dua sanksi yang bisa diberikan kepada perusahaan yang telat atau tidak membayarkan THR, yaitu sanksi berupa pembayaran lima persen dari total THR seluruh karyawan dan sanksi administrasi yang bisa berupa rekomendasu pencabutan izin,” ujarnya. (jwn5/ant)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *