BOYOLALI, Jowonews.com — Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengirim sebanyak 18 pelajar SMA/SMK sebagai duta seni ke Moskow Rusia untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada warga negara setempat, 2 Agustus mendatang.

Mereka yang dikirim ke Moskow Rusia itu juga diberikan tugas khusus menjadi sales untuk menawarkan produk-produk unggulan usaha makro, kecil, dan menengah (UMKM) Boyolali yang memiliki kelas dunia, kata Bupati Boyolali Seno Samodro, di Boyolali, Sabtu (17/6).

Seno Samodro menyebutkan sejumlah produk unggulan Boyolali, antara lain, kerajinan tembaga Tomang, kemudian buah segar, seperti pepaya, rambutan, durian, dan mangga.

“Moskow itu meminta impor komoditas buah asal Boyolali. Hanya kalangan swasta Boyolali sekarang tingggal mampu menangkap peluang ini atau tidak. Pemkab Boyolali akan menfasilitasi peluang bisnis bagi swasta,” kata Seno Samodro.

Menyinggung kembali soal duta seni, Seno mengatakan para pelajar tersebut selain akan menghibur dengan menampilkan seni budaya Indonesia di Moskow, juga akan berkunjung ke universitas, museum, tempat-tempat budaya lokal sehingga mereka termotivasi untuk lebih giat belajar.

“Para pelajar yang dikirim ke Moskow itu seperti menyemai benih yang hasilnya bisa dipanen 30 hingga 40 tahun mendatang. Kami berharap kelak yamh menjadi pemimpin, baik kepala daerah maupun menteri, berasal dari duta seni Boyolali,” katanya. (jwn5/ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here