SEMARANG, Jowonews.com – Dalam rangka melakukan edukasi politik dan berdemokrasi kepada kader PKS, Dalam suksesi kepemimpinan DPC PKS Banyumanik tahun ini, di gelar Pemilu Internal untuk memilih Ketua DPC Periode 2017-2020. Semua kader mendapatkan hak memberikan suaranya guna memilih ketua yang mereka pandang layak.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2017 di Balai RW 14 Jl Meranti Srondol Wetan.

Sebanyak 100 kader memberikan suaranya secara langsung. Sistem pemilihan tidak dengan mencoblos, namun Pemilih diminta menuliskan 5 nama. Dari 5 nama tersebut, minimal harus ada perwakilan dari perempuan. Kader diberikan kebebasan menulis nama kader yang dipandang layak untuk memimpin DPC PKS Banyumanik hingga 3 tahun kedepan.   

Dari 5 nama terbanyak nantinya akan menentukan Struktur dasar DPC, yaitu Ketua, Sekertaris, Bendahara, Bidang Kaderisasi dan Bidang Perempuan.

Ketua DPC PKS Banyumanik Hari Ratmoko mengungkapkan, pendidikan politik dan demokratisasi terus digalakan kepada kader agar kader semakin melek politik dan terbiasa dengan dinamika politik.

Sehingga ketika nanti terjun di masyarakat, kader telah dewasa dan mampu menyikapi semua persoalan di masyarakat dengan bijak.

“Pada intinya selain memang agenda suksesi, kami menginginkan juga ada pendidipan politik dan demorkatisasi, membuat budaya partai yang terbuka dan demokratis, dan kader juga terbiasa dengan dinamika politik, dan juga kader memahami pentingnya demokrasi.” Ungkap Hari, Sabtu (17/6/2017).

Selain DPC PKS Banyumanik, DPC-DPC lain se Kota Semarang juga melaksanakan kegiatan yang sama, yaitu Pemilu Umum Internal untuk memilih Ketua DPC yang baru. Namun kegiatan ini tidak dilaksanakan serentak.

Dalam kurun waktu 7 hari terhitung dari tanggal 11 Juni hingga tanggal 18 Juni, DPC PKS Se Kota Semarang telah menyelesaikan Pemilihan Umum Internalnya.

Ketua Panitia Pemilu Umum Internal Nur Kholis Majid mengungkapkan, kegiatan merupakan persiapan penting dalam menghadapi dua pemilu, yaitu Pilgub 2018 dan Pileg 2019. Oleh karena itu Pemilu Umum Internal ini penting untuk mempersiapkan pemimpin di tingkat DPC yang akan menjadi ujung tombak partai memenangkan PKS.

“Ini bagian dari persiapan kami menjelang agenda politik yaitu pemilu, dihadapan kami ada Pilgub 2018 dan Pileg 2019, kami harap dengan adanya kepemimpinan baru di tingkat DPC, struktur kami semakin segar dan siap bertarung,” Jelas Kholis. (JWN3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here